Di tengah pandemi ini, banyak orang memilih melakukan kegiatan berkebun. Hal ini dilakukan supaya tidak bosan ketika berada di rumah setiap hari. Berkebun tidak hanya dapat membuat rumah menjadi cantik tapi juga meningkatkan mood dan membuat kualitas udara semakin bagus di rumah.

Jika Anda baru saja ingin mulai belajar berkebun, Anda harus mengetahui dulu tanaman hias apa yang cocok untuk Anda yang masih pemula. Karena dalam hal perawatan tanaman hias, ada yang mudah dan ada juga yang sulit.

Jadi untuk Anda yang baru pertama kali belajar berkebun, tidak ada salahnya jika memilih tanaman yang perawatannya mudah dilakukan. Mudah disini dalam artian Anda hanya menyiram dan menjemurnya saja.

Daftar Tanaman Hias yang Cocok Untuk Pemula

Selain itu, Anda juga harus perhatikan lahan yang ada di rumah. Jika tidak memiliki lahan yang luas, Anda bisa taruh tanaman hias pada pot-pot yang kecil saja kemudian taruh di dalam rumah.

Dan supaya pot tersebut tidak mudah rusak, hindari meletakkan tanaman hias di tempat-tempat yang mudah dijangkau oleh anak kecil maupun hewan peliharaan Anda.

Daftar Tanaman Hias yang Dapat Dipilih Para Pemula

Untuk Anda yang baru saja belajar berkebun Anda harus tahu bahwa tidak semua tanaman hias cocok dipilih oleh para pemula. Sebab perawatan untuk tanaman hias tersebut ada yang sulit dan ada yang mudah. Berikut ini beberapa tanaman hias yang bisa dipilih untuk Anda yang masih pemula.

1. Monstera

Tanaman pertama yang bisa Anda pilih adalah tanaman monstera. Tanaman ini memiliki daun yang unik dan ada lubang-lubang di dalamnya. Di kalangan pecinta tanaman, nama tanaman ini tengah naik daun. Monstera bisa tumbuh tinggi bahkan hingga berpuluh-puluh meter.

Monstera merupakan tumbuhan yang dapat hidup di daerah tropis. Anda bisa meletakkan tanaman ini di ruangan yang lembab misalnya di kamar mandi. Anda juga harus pastikan jika tanaman monstera ini tidak terkena sinar matahari secara langsung.

2. Kaktus

Selain monstera, Anda juga bisa memilih kaktus karena tanaman ini merupakan tanaman paling favorit untuk para pemula sebab perawatannya sendiri yang super mudah. Jika dibiarkan tanpa dirawat pun kaktus tetap bisa tumbuh.

Walaupun begitu, Anda tetap harus tahu cara merawat kaktus dengan baik. Anda harus meletakkan kaktus di udara yang segar jadi sesekali dijemur satu minggu sekali di luar ruangan.Jika Anda tidak memiliki waktu untuk menjemurnya, bisa letakkan saja kaktus tersebut di pinggir jendela rumah Anda.

3. Peace lily

Tidak hanya tanaman dedaunan, Anda juga bisa menanam bunga di rumah. Salah satu tanaman hias untuk interior yang paling tepat adalah peace lily. Tanaman ini termasuk tanaman yang senang dengan air. Jadi Anda harus siram saat tanahnya kering dan daunnya mulai layu.

Anda harus rajin memperhatikan daunnya, apabila warnanya pucat artinya tanaman peace lily tersebut sudah terkena banyak cahaya matahari. Anda harus menyimpannya di tempat sejuk tapi tetap terkena sinar atau cahaya matahari.

Jika Anda baru saja ingin mulai berkebun, beberapa tanaman tadi bisa Anda pilih. Jika Anda ingin berkebun, Anda harus komitmen dan merawat tanaman hias tersebut dengan telaten karena tanaman merupakan makhluk hidup juga.