Persaingan bisnis yang cukup ketat membuat siapa saja yang ingin terjun di dunia bisnis musti berpikir kreatif. Sebab bisnis yang memunculkan ide segar dan kreatif perlu diakui memiliki kemudahan untuk sukses. Mengingat sebuah bisnis bisa menarik minat masyarakat untuk mencoba atau menggunakan, sehingga perjalanan bisnis lebih lancar.

Contoh Bisnis Kreatif dengan Modal Minim

Inspirasi Bisnis Kreatif Minim Modal

Tak hanya harus kreatif pebisnis juga perlu cermat untuk mempersiapkan modal supaya bisnis yang diinginkan bisa dirintis. Namun, bagaimana jika modal jauh dari kata cukup? Tak perlu cemas, intip beberapa inspirasi bisnis kreatif bermodal tipis berikut ini:

1. Bisnis Jasa Pembuat Konten

Jika ingin menekuni bisnis yang kreatif dan tidak memakan modal tinggi maka Anda bisa mencoba bisnis jasa pembuat konten. Konten untuk website, akun sosial media, maupun yang lainnya cukup diminati. Apalagi semakin banyak yang menekuni bisnis startup sehingga jasa kreatif Anda akan sangat dibutuhkan.

2. Bisnis Daur Ulang Barang Bekas

Kreatifitas tidak mengenal batas, dan bisnis yang mengandalkan hal ini tentu memiliki prospek menjanjikan. Tak hanya menjadi pembuat konten Anda bisa mencoba menjalankan bisnis daur ulang. Barang bekas maupun sampah yang ada di sekitar lingkungan beberapa bisa diolah lagi agar berguna. Bisnis ini tidak butuh modal besar karena memakai barang bekas atau sampah.

3. Membuka Bisnis Jasa Mural

Memiliki keahlian menggambar yang bagus? Mengapa tidak mencoba dikelola secara profesional. Sebab Anda bisa membuka jasa mural untuk menghias dinding ruangan, tembok pembatas, dan lain sebagainya. Sehingga tidak terlalu biasa melainkan tampil unik dan menarik, bisnis ini pun tak butuh banyak modal namun dijamin kreatif dan tinggi peminat.

4. Menekuni Bisnis Party Planner 

Anda yang pintar dalam hal managemen di lapangan maka bisa mencoba menekuni bisnis party planner. Bisnis ini menyediakan jasa untuk mendesain sebuah pesta yang lebih unik dan kreatif. Peminatnya tentu sangat banyak terutama di kalangan anak muda, dan modalnya sendiri tidak terlalu besar karena mengandalkan kreatifitas Anda.

5. Jasa Reparasi

Membuka jasa reparasi untuk berbagai barang maupun peralatan yang rusak juga menjadi bisnis kreatif dengan kebutuhan modal tipis. Anda cukup membeli perlengkapan reparasi seperti obeng dan sebagainya yang tidak mahal. Selanjutnya bisa menerima perbaikan beragam barang sesuai keahlian, tawarkan jasa secara online untuk memperluas pasar.

Bisnis adalah sebuah seni, jika dikelola bersamaan dengan kreatifitas maka akan bisa bertahan dalam jangka panjang. Apabila terbentur pula oleh urusan modal maka Anda bisa mempertimbangkan satu diantara sekian ide bisnis di atas. Dijamin ramah modal dan kreatifitas yang dimiliki bisa berkembang pesat, pangsa pasarnya pun menjanjikan sehingga menarik untuk dicoba.