Kesuksesan dari sebuah usaha atau bisnis berasal dari pelanggan. Tanpa adanya dukungan dari pelanggan, bisnis tidak bisa tumbuh apalagi berkembang. Karena itu, pelayanan yang diberikan ke pelanggan menjadi sesuatu yang sangat penting.

Apalagi sekarang ini pengguna internet dan media sosial juga semakin meningkat. Konsumen atau pelanggan juga lebih mudah memberikan review atas pengalaman mereka saat membeli produk dari Anda terlepas dari apakah pengalaman tersebut baik atau buruk.

Cara Terbaik Memberikan Pelayanan Untuk Pelanggan Bisnis

Namun sayangnya, meski bisnis sudah berfokus pada pelanggan, tapi terkadang masih ada saja pelanggan yang mengeluh. Hal ini mungkin akan membuat Anda kehilangan beberapa pelanggan bisnis.

Anda harus bisa menangani keluhan pelanggan demi kelangsungan usaha Anda. Meski kejadiannya tidak mengenakkan tapi bisa jadi ini akan menjadi peluang untuk Anda agar bisnis yang Anda jalankan semakin bersinar.

Cara Memberikan Pelayanan untuk Para Pelanggan

Melayani pelanggan bukanlah perkara yang mudah tapi ini menjadi prioritas setiap bisnis yang ingin usahanya berkembang. Apalagi jika usaha yang dijalankan akan tergantung pada hasil penjualan setiap hari. Berikut ini ada beberapa tips memberikan pelayanan terbaik untuk para pelanggan.

1. Dengarkan keluhan pelanggan secara seksama

Jika ada pelanggan yang mengeluh dengan produk atau usaha Anda, jangan coba-coba memotong pembicaraan mereka apalagi sampai berdebat.

Biarkan saja pelanggan Anda mengutarakan keluh kesahnya meski apa yang mereka katakan adalah sebuah kesalahan. Sebaiknya dengarkan dulu baru sembari mencatat apa saja hal-hal yang perlu Anda luruskan nanti.

2. Membangun hubungan dengan pelanggan

Anda harus bisa membangun hubungan dengan para pelanggan misalnya dengan menempatkan diri Anda berada pada posisi pelanggan. Anda harus bisa menunjukkan kepada pelanggan bahwa Anda sangat mengerti dan berempati dengan masalah yang dialami pelanggan.

Cara ini akan sangat membantu dalam menenangkan pelanggan. Anda bisa mengangguk selama keluhan tersebut dilontarkan. Pelanggan akan lebih senang karena Anda mengerti apa yang diinginkan pelanggan.

3. Pelankan nada suara

Apabila pelanggan Anda semakin keras nada suaranya, Anda harus tetap berbicara dengan nada yang rendah. Bersikap tenang dan jangan terbawa dengan kondisi yang ada. Jika Anda sudah mengontrol diri dengan baik dan kemudian lebih tenang,kemarahan mereka sudah pasti akan hilang.

4. Jangan mudah tersinggung

Apabila ada permasalahan yang terjadi pada bisnis Anda, usahakan untuk jangan menganggapnya sebagai masalah pribadi. Ingat bahwa pelanggan mungkin tidak mengenal Anda secara pribadi dan apa yang diutarakannya hanya demi melampiaskan kekesalannya pada usaha Anda.

Anda harus bisa mengarahkan pembicaraan dengan pelan supaya masalah tersebut dapat terselesaikan dan menemukan solusi yang terbaik.

Dalam menjalankan sebuah bisnis, jalan yang ditempuh tidak akan selalu mulus. Ada kalanya Anda akan menemukan jalan yang berliku-liku. Jadi jika terjadi masalah apalagi masalah tersebut berkaitan dengan pelanggan, Anda harus menangani pelanggan dengan sebaik mungkin.