Aplikasi pinjaman online memberikan kemudahan kepada masyarakat yang butuh pinjaman dana secara cepat. Seseorang sudah bisa langsung mendapatkan pinjaman uang tunai, cukup dengan mengunduh aplikasi dan memenuhi persyaratan peminjaman. Umumnya, tidak membutuhkan agunan.

Cara Tepat Melunasi Pinjaman Online yang Menggunung

Dampak Pinjaman Online

Pada umumnya, Orang-orang yang tidak familiar dengan perbankan adalah sasaran dari aplikasi pinjaman online ini.

Namun, banyak orang yang terjerat utang karena gagal bayar. Ternyata, aplikasi pinjaman online memberikan bunga pinjaman cukup tinggi kepada setiap member. Contohnya, sebuah aplikasi pinjaman online menetapkan bunga pinjaman sekitar 2,95% per bulan.

Beberapa aplikasi pinjaman online melakukan penagihan dengan cara kurang mengenakkan. Ada juga yang mengirimkan debt collector untuk menagih utang. Jika hal ini terjadi pada anda, Jangan khawatir. Ini adalah tips untuk keluar dari masalah tersebut:

1. Terbuka pada Keluarga

Daripada pusing sendiri, lebih baik anda mulai terbuka dan meminta bantuan keluarga terdekat. Ungkapkan permasalahan utang yang tengah anda hadapi. Jangan takut keluarga akan memarahi anda, lebih baik anda berterus terang agar permasalahan utang sedikit demi sedikit bisa terselesaikan.

2. Tunjukan Itikad Baik pada Pemberi Hutang

Melarikan diri tidak akan menyelesaikan masalah. Tunjukkan bahwa anda sebagai peminjam memiliki itikad baik untuk melunasi pinjaman tersebut. Anda bisa berkomunikasi pada pemberi utang tentang apa yang harus dilakukan. Misalnya, meminta perpanjangan jatuh tempo pembayaran dan sebagainya.

3. Kumpulkan Dana Pembayaran Utang

Langkah berikutnya adalah, mengumpulkan dana untuk membayar utang. Cara pertama yang harus anda tempuh, sisihkan dari penghasilan anda, setelah kebutuhan hidup sehari-hari terpenuhi. Bila belum cukup, anda bisa menjual atau mengagunkan aset yang anda miliki, misalnya perhiasan emas, kendaraan bermotor, gadget dan lain-lain.

Apabila belum cukup juga, anda bisa meminjam uang tanpa bunga kepada kerabat atau keluarga anda untuk menambah kebutuhan pembayaran utang tersebut.

4. Mulailah dari Utang Paling Mahal

Jika anda memiliki banyak utang dari berbagai pemberi pinjaman, selesaikan dulu utang yang memiliki bunga paling mahal, karena jika tidak diselesaikan akan semakin menggunung dan melilit anda.

Setelah melunasi hutang dengan bunga paling mahal, beralihlah ke pelunasan utang lainnya. Pelan-pelan anda akan bebas dari jeratan hutang.
Jangan Anggap Remeh Utang

Berfikirlah matang-matang sebelum bertindak. Anda harus bisa mengukur diri sebelum melakukan pinjaman. Mampu atau tidak membayar cicilannya kelak. Jika tidak mampu lebih baik tidak memaksa kan diri.

Jangan remehkan hutang. Aplikasi pinjaman online memang memberikan kemudahan, tapi bukan berarti membuat anda lengah saat memutuskan mengajukan pinjaman. Untuk selanjutnya, berhati-hatilah.