Bagi sebagian orang menabung adalah hal yang sulit. Sebenarnya apa sih kesulitan menabung? Apa karena jumlah uang kecil, sehingga malu untuk menyetorkan uang ke bank? Akhirnya, tidak punya tabungan sama sekali.

Padahal, penting bagi setiap orang untuk menabung dan menjadikannya sebagai kebiasaan yang bermanfaat bagi masa depan.

Cara Praktis Menabung di Rumah

Tips Menabung di Rumah

Sebenarnya menabung itu ada banyak cara kok. Salah satunya, menabung di rumah. Anda tidak perlu memaksa nominal uang yang harus ditabung per hari berapa.

Tetapi, bisa disesuaikan dengan kesanggupan Anda. Asal, konsisten setiap hari menyisihkan uang. Agar semakin paham, yuk! Simak tips menabung di rumah berikut ini:

1. Niat dan rencana yang kuat

Langkah pertama tentunya harus diawali dengan niat yang kuat dari sendiri. Kemudian tentukan rencana kenapa harus menabung. Mau digunakan untuk apa tabungan Anda nanti?

Jika anda masih pemula, sebaiknya tentukan goal yang sederhana saja dahulu. Siapa tahu tabungan yang terkumpul malah melebihi nilai dari goal yang ditentukan.

2. Nabung uang receh

Selanjutnya Anda bisa mulai dengan hal yang sederhana terlebih dahulu. Anda bisa mengumpulkan uang receh yang biasanya terabaikan, tabung saja pada toples atau celengan. Jika tabungan sudah penuh, Anda bisa menukarkannya dengan uang kertas.

Bila budaya menabung recehan ini sudah terbangun, maka artinya Anda sekaligus memupuk sensitivitas dalam mengatur keuangan pribadi.

3. Naikkan nominal kalau sudah terbiasa

Jika sudah terbiasa menabung, Anda bisa menaikkan nominal uang yang rutin ditabung. Misalnya, biasanya Anda menabung uang nominal Rp 2.000 setiap hari. Nah, kalau sudah terbentuk komitmen dan bisa rutin nabung, mulai dengan Rp 5.000, Rp 10.000, atau Rp 20.000.

4. Jangan menyisakan, tapi sisihkan

Jika selama ini Anda memilih untuk menyisakan uangnya di akhir bulan daripada menyisihkannya di awal bulan. Sebaiknya tinggalkan metode Anda yang lama.

Caranya, dengan menentukan nominal tertentu untuk disisihkan di awal bulan. Dengan begitu, niat menabung Anda bisa terlaksana dengan konsisten.

5. Buat skala prioritas

Jika Anda sudah menentukan niat untuk menabung, penuhi kebutuhan primer terlebih dahulu sebelum kebutuhan sekunder dan tersier.

Pertimbangkan setiap pengeluaran yang mungkin akan mengganggu proses menabung Anda, khususnya pengeluaran yang sifatnya untuk bersenang-senang.

6. Tetap konsisten

Menabunglah secara kontinyu dan jadikan menabung sebagai suatu kebiasaan. Jika sudah terkumpul, mungkin Anda tidak akan menyangka dengan jumlah tabungan Anda.

Itulah cara praktis menabung di rumah yang bisa Anda terapkan. Yang terpenting dalam konsep menabung adalah niat dan kerutinan. Masalah jumlah bisa disesuaikan dengan kesanggupan Anda. Tidak ada alasan lagi untuk tidak menabung ya.