Saat ini hampir semua orang memiliki gadget minimal 1 buah untuk mendukung komunikasi dan segala kegiatan yang akan mereka lalukan. Namun semua gadget tersebut tidak ada artinya jika tidak diisi dengan pulsa. Social media, aplikasi game, aplikasi musik, layanan SMS dan telp tidak bisa dilakukan tanpa adanya pulsa. Biasanya saat ini paket data lebih dipilih karena jauh lebih fungsional. Bahkan fitur Whatsapp bisa digunakan sekaligus untuk chatting, video call dan telpon tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan lagi. Itulah kenapa masyarakat saat ini lebih khawatir kehabisan paket data dari pada kehabisan pulsa regular.

Berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan saat akan memilih paket data yang akan digunakan untuk nomer ponsel Anda. Jika Anda tidak memilih dengan benar maka dikhawatirkan data yang akan digunakan terlalu boros apalagi untuk penggunaan game, saham atau yang lainnya seperti menonton film online.

  • Jangan Anda mudah tergiur dengan yang namanya iklan. Agar tidak salah dan kecewa lebih baik Anda langsung bertanya ke customer service untuk rincian detail paket tersebut. Misalnya saja apakah paket sebanyak itu digunakan all in untuk semua kebutuhan atau hanya terbatas untuk quota 4G atau tidak. Jika dibatasi jam maka Anda harus memilih apakah dijam tersebut memang Anda menggunakan data atau tidak. Jika iya maka bisa dipilih namun jika tidak jangan pilih karena sia-sia saja tidak akan digunakan.
  • Kemudian pertimbangkan juga masalah sinyal. Tidak ada gunanya membeli paket data murah namun sinyalnya tidak stabil ditempat Anda apalagi sampai benar-benar kosong. Lebih baik membayar lebih untuk fasilitas yang memadai karena bisa berfungsi dengan baik.

Kemudian untuk menghemat paket penggunaan data internet yang Anda miliki ada beberapa cara mudah juga seperti membatasi background data yang akan otomatis membatasi data yang digunakan untuk proses sinkronisasi dengan Google. Nantinya pengeluaran quota yang terjadi pun akan berkurang signifikan. Lumayan sekali bukan? Selanjutnya adalah untuk update aplikasi pilih settingan saat sedang menggunakan layanan wifi saja. Jangan sampai Anda salah setting sehingga update justru menggunakan layanan data regular. Bayangkan saja jika ada 30 aplikasi yang harus update bersamaan maka berapa besar data yang harus dikeluarkan?

Hindari streaming film, musik atau video secara live. Lebih baik download saja lalu simpan. Setiap kali Anda melakukan streaming maka akan menghabiskan quota yang cukup besar ditambah jika kapasitas media yang Anda streaming cukup besar. Bisa saja paket data untuk satu bulan habis dalam satu hari. Lebih baik lagi lakukan setting otomatis sehingga jika Anda sedang terhubung dengan wifi atau hotspot baru kemudian menggunakan gadget untuk streaming atau live video.