Indonesia merupakan salah satu negara yang saat ini sedang berjuang untuk melawan virus corona. Virus yang juga dikenal dengan istilah Covid-19 ini telah terbukti menginfeksi masyarakat indonesia sejak awal maret tahun 2020 ini. Pemerintah pun telah melakukan berbagai hal sebagai upaya untuk mengobat dan mencegah penyebar luasan virus tersebut di tanah air. Berikut ini beberapa langkah yang telah diambil oleh pemerintah Indonesia dalam rangka penanggulangan virus corona.

Cara Pemerintah Indonesia Menanggulangi Virus Corona

4 Langkah yang Diambil Pemerintah dalam Memerangi Virus Corona

Saat ini tercatat telah terdapat lebih dari 800 kasus infeksi virus corona di indonesia. Tentu hal itu sangat mengkhawatirkan dan menjadi sinyal bahwa setiap orang harus waspada dan meningkatkan kesadaran untuk menjaga dirinya. Pemerintah indonesia pun telah melakukan berbagai hal, agar meminimalisir terjadinya penambahan kasus infeksi corona. Berikut beberapa hal yang telah dilakukan oleh pemerintah tersebut.

1. Meliburkan Sekolah

Langkah pertama yang dilakukan oleh pemerintah indonesia adalah meliburkan sekolah di seluruh wilayah. Tidak hanya sekolah dasar, menengah dan atas, kebijakan itu pun juga berlaku bagi perguruan tinggi. Harapannya hal ini akan mengurangi penyebaran virus corona. Lalu bagaimana dengan belajarnya siswa? Meskipun libur, namun aktivitas belajar tetap dilangsungkan di rumah, baik melalui sistem belajar online, maupun mengerjakan tugas yang telah diberikan.

2. Memberikan Himbauan Agar Warga Tetap Di Rumah

Seiring dengan merebaknya virus corona ini, maka tren istilah baru pun muncul, yaitu tetap di rumah. Hal ini datang setelah adanya himbauan dari pemerintah yang mengharapkan agar masyarakat tetap di rumah. Sebab dengan masyarakat terlalu sering beraktivitas di luar rumah (seperti sebelum ada corona), maka hal itu akan menimbulkan potensi penularan virus menjadi lebih besar.

3. Menyiapkan Rumah Sakit di Setiap Daerah Agar Mampu Merawat Pasien Corona

Langkah ketiga yang juga telah diambil oleh pemerintah indonesia adalah menyiapkan rumah sakit di setiap daerah agar mampu merawat pasien corona. Sebagaimana diketahui bahwa penular virus corona memang telah sampai ke sejumlah wilayah. Oleh sebab itu, setiap rumah sakit di daerah disiap-siagakan untuk merawat pasien corona. Khususnya di jakarta, pemprov menjadikan kawasan wisma atlet sebagai rumah sakit darurat khusus pasien corona.

4. Memesan Sejumlah Obat Klorokuin

Selain menyiapkan rumah sakit, pemerintah pun juga telah memesan obat klorokuin sebagai langkah untuk merawat pasien positif corona. Di sejumlah negara, obat ini sendiri telah digunakan dan terbukti dapat membantu proses penyembuhan pasien corona. Namun tentu saja obat tersebut hanya digunakan dengan bantuan resep dokter.

Demikianlah beberapa langkah yang telah diambil oleh pemerintah guna mencegah penyebab virus corona di tanah air. Tentunya masih ada begitu banyak langkah bijak lainya yang telah diambil dan sudah pasti dilakukan demi rakyat indonesia.