Agar bisa terlindung dari virus corona atau Covid-19, masyarakat di Indonesia dan seluruh dunia dihimbau melakukan berbagai tindak pencegahan. Misalnya saja dengan tetap berdiam di dalam rumah, menjaga jarak, dan juga rajin mencuci tangan. Namun diantara semua pencegahan tersebut sebenarnya kunci utamanya adalah punya daya tahan tubuh yang baik.

Cara Mudah Memelihara Daya Tahan Tubuh Selama Pandemi Covid-19

Cara Memelihara Daya Tahan Tubuh Selama Pandemi

Pentingnya menjaga daya tahan tubuh tetap prima di masa pandemi seperti sekarang membuat siapa saja berusaha untuk memilikinya. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan:

1. Tidur yang Cukup

Perlu diakui bahwa tidur memiliki hubungan yang sangat erat dengan daya tahan tubuh yang baik Sebab dengan tidur yang cukup maka secara alami tubuh akan memiliki daya tahan yang prima. Inilah alasan orang yang sering begadang atau kurang tidur lebih mudah jatuh sakit dibanding yang tidak. Maka biasakan tidur cukup paling tidak 7 jam setiap malam.

2. Mengkonsumsi Makanan Sehat Bernutrisi

Memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh yang terbilang kompleks dengan makanan sehat juga membantu memelihara daya tahan tubuh. Berhubung selama pandemi lebih sering di rumah maka manfaatkan waktu untuk memasak sendiri. Sehingga lebih mudah memastikan menu yang disantap sehat dan kaya nutrisi. Baik itu vitamin, mineral, protein, karbohidrat, dan lain sebagainya.

3. Rutin Olahraga di Rumah

Sebuah studi yang dilakukan di tahun 2015 diketahui bahwa latihan fisik secara cukup atau tidak berlebihan. Terbukti dapat membantu proses regenerasi sel imunitas tubuh, sehingga daya tahan tubuh tetap prima.

4. Mengendalikan Stress

Stress akan memicu penurunan daya tahan tubuh, maka selama pandemi perlu mengendalikan dan menghindarinya. Mulai dengan melatih emosi lewat meditasi ataupun yoga. Bisa pula dengan istirahat yang cukup dan olahraga ringan secara teratur.

5. Menghentikan Kebiasaan Merokok

Kebiasaan merokok juga menurunkan daya tahan tubuh dengan sangat cepat, tentunya dampaknya lebih berbahaya di masa pandemi seperti sekarang. Oleh sebab itu bagi siapa saja yang terbiasa merokok, sebaiknya berusaha berhenti untuk sementara atau lebih baik lagi untuk selamanya.

6. Rutin Berjemur di Pagi Hari

Berjemur tidak hanya membantu tubuh mendapatkan asupan Vitamin D yang cukup namun juga memberi energi pada sel T di dalam tubuh. Efeknya adalah bisa meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga biasakan untuk berjemur khususnya di pagi hari Tidak harus sampai berjam-jam, hanya 10 menit atau jika memungkinkan sampai 30 menit sudah lebih dari cukup.

Melakukan berbagai cara atau upaya di atas akan membantu memelihara daya tahan tubuh secara alami. Sehingga bisa membantu menurunkan resiko terinfeksi virus corona yang dikenal mematikan. Selain itu bisa menjadi kebiasaan baik yang memberi manfaat beragam bagi kesehatan. Jika dibiasakan jangka panjang maka tubuh pun akan terjamin kesehatannya.