Bagi sebagian orang, deadline seakan menjadi “momok” bagi mereka. Bagaimana tidak, ini menyangkut reputasi mereka sebagai pekerja. Mereka bisa dianggap sebagai karyawan yang tidak disiplin dan tidak dapat diandalkan jika tidak dapat memenuhi deadline.

Cara Menyiasati Deadline Pekerjaan

Tips Agar Bisa Memenuhi Deadline

Deadline itu penting dalam pekerjaan. Selain untuk manajemen waktu, deadline juga dapat memotivasi karyawan bekerja keras dan lebih produktif. Namun, tenggat waktu pengumpulan tugas yang ditetapkan oleh atasan atau klien ini lumayan membuat kita stres.

Apabila Anda adalah salah satu orang yang sulit mengatur waktu dan memenuhi deadline. Berikut ini adalah tips untuk Anda:

1. Membuat Daftar Pekerjaan

Mulailah dengan menuliskan semua pekerjaan yang harus diselesaikan. Hal tersebut akan sangat membantu Anda menyelesaikan pekerjaan secara teratur.

2. Perkirakan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan

Tentukan waktu yang dibutuhkan untuk setiap proyek atau tugas yang diberikan. Hal tersebut akan sangat membantu Anda mengikuti jadwal yang dibuat.

3. Berusaha fokus

Fokuslah pada satu pekerjaan jika Anda ingin menyelesaikan tugas lebih cepat. Cari tahu hal apa yang bisa membuat Anda fokus, bekerja di tempat sepi atau mendengarkan musik tertentu.

4. Prioritaskan daftar tugas

Tentunya Anda mempunyai cara tersendiri dalam memprioritaskan sesuatu. Selesaikan pekerjaan Anda dengan cara yang Anda sukai. Apakah Anda memilih pekerjaan yang mudah dahulu, kemudian yang sulit atau sebaliknya. Cari tahu kemampuan Anda dan bekerjalah sesuai dengan itu.

5. Hindari Gangguan Dari Diri Sendiri

Ada saat-saat kita merasa malas dan ingin menunda pekerjaan, belum lagi keinginan untuk mengecek media sosial. Hal-hal seperti itulah yang sering menghambat pekerjaan.

Pastikan hal-hal tersebut tidak terjadi pada Anda menjelang deadline pekerjaan. Tutup dulu media sosial Anda, bila perlu matikan ponsel Anda untuk sementara waktu.

6. Istirahat Sebentar

Luangkan sedikit waktu Anda untuk beristirahat. Jauhi meja kerja, tenangkan pikiran untuk sejenak. Gunakan waktu tersebut untuk makan, minum kopi atau berolahraga. Dengan demikian pikiran Anda akan lebih segar dan siap bekerja kembali. Anda bisa bekerja lebih cepat lagi.

7. Jika deadline itu mustahil dilakukan, maka sampaikan kepada orang lain

Tidak ada salahnya berterus terang pada manajer atau atasan, jika deadline yang diberikan mustahil untuk dilakukan. Bahaslah hal tersebut di awal.

Bernegosiasi pada manajer atau atasan Anda, mintalah nasehat dan bantuannya. Anda bisa meminta waktu atau lebih banyak tenaga untuk menyelesaikan tugas tersebut.

Nah, sudah tahu kan tipsnya. Semoga tips di atas bisa Anda praktekkan. Berusahalah untuk selalu memenuhi deadline pekerjaan yang telah ditentukan. Dengan demikian, Anda akan menjadi karyawan teladan yang bisa diandalkan.