Pernah kehilangan nomor token listrik yang sudah dibeli? Kemungkinan pernah, dan dibuat pusing karenanya. Namun jangan cemas dulu karena kehilangan struk pembelian token atau mungkin tidak mendapat struk saat membeli token melalui mesin ATM bisa diatasi. Caranya bagaimana?

Baca Juga: Tips Agar Token Listrik Tidak Cepat Habis

Cara Mengetahui Token Listrik yang Hilang

Cara Mengetahui Nomor Token Listrik yang Hilang

Ada banyak jalan menuju Roma, dan ada banyak jalan pula untuk menemukan kembali token listrik yang hilang atau tidak tercetak di struk. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan:

1. Mengecek Lewat Aplikasi PLN

Cara pertama untuk menemukan token listrik yang hilang adalah melalui aplikasi PLN, silahkan instal ke perangkat smartphone Anda. Setelah login, cari menu “Informasi “ lalu “Informasi Tagihan dan Token Listrik”. Masukan nomor ID pelanggan, maka nomor token listrik yang terakhir dibeli akan muncul di layar.

2. Mengecek Email Pribadi

Mengecek nomor token yang hilang bisa melalui email, ada dua pilihan. Pertama, menghubungi email PLN untuk mengurus token listrik yang hilang dan menunggu jawaban. Kedua, mencari riwayat transaksi jika email tersebut dihubungkan ke akun bank. Sehingga saat transaksi pembelian token lewat rekening berhasil maka laporan masuk ke email, tercantum pula nomor token listrik di dalamnya.

3. Bertanya ke Call Center PLN

Opsional berikutnya adalah menghubungi call center PLN di nomor 123 dengan menambahkan kode area. Jika di Jakarta maka menekan nomor 021123, dan bisa bertanya kepada CS mengenai nomor token terakhir yang dibeli.

4. Mengecek Website PLN

Anda juga bisa mengecek transaksi pembelian token terakhir melalui website PLN. Silahkan kunjungi lamanya kemudian cari menu “Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token”. Klik menu tersebut dan lakukan registrasi untuk pembuatan akun, jika sudah punya kun maka tinggal login dan informasi nomor token akan tampil.

5. Mencetak Ulang Struk

Jika pembelian token listrik dilakukan di tempat terdekat, misalnya di minimarket terdekat. Maka saat struk hilang silahkan mendatangi minimarket tersebut. Kemudian minta kembali ke petugas kasir untuk mencetak ulang struk pembelian token listriknya.

6. Mendatangi Kantor PLN

Jika lokasi rumah cukup dekat dengan kantor PLN maka bisa mendatanginya untuk mendapatkan kembali nomor token listrik yang hilang. Jadi temui petugas dan sampaikan maksud Anda agar dibantu dengan segera. Jangan lupa membawa KTP dan kartu ID Pelanggan.

7. Mengecek Riwayat Transaksi Rekening

Cara terakhir untuk Anda yang membeli token lewat rekening, misalnya mesin ATM maka bisa mengecek riwayat transaksi rekening tersebut. Gunakan aplikasi perbankan mobile untuk mengecek riwayat transaksi. Nantinya akan sekaligus mendapatkan struk, silahkan dicetak ulang.

Baca Juga: Cara Membeli dan Mengisi Token Listrik

Jika pernah atau sedang kehilangan nomor token listrik PLN, maka bisa mengatasinya dengan cara-cara di atas. Silahkan memilih salah satu cara yang dirasa paling mudah dan paling praktis untuk dilakukan.