Cara mengecek nomor rekening, Seringkali kita mesti melakukan transaksi keuangan dengan melakukan transfer rekening ke bank yang kita tidak ketahui bank penerimanya. Padahal kita harus segera melakukan transaksi karena ditunggu atau alasan lain yakni waktu.  

Atau sering kali kita lupa nomor rekening pribadi dan tidak mencatat atau menyimpannya di smartphone atau buku pribadi kita. Pada sewaktu-waktu kita membutuhkan informasi tentang rekening pribadi kita, ada berbagai cara untuk mengetahuinya. 

Mengapa kita perlu mengetahui nomor rekening pribadi kita atau nomor rekening orang lain yang hendak melakukan transaksi dengan kita? Supaya terhindar dari kesalahan saat melakukan transfer uang. Sebab jika kita melakukan kesalahan dalam memberikan nomor rekening kita, maka tujuan transaksi tidak tercapai. 

Sebenarnya ada cara mengetahui bank dari nomor rekening yang akan ditransfer. 

Salah satunya dengan membaca nomor rekening yang hendak dituju. Perlu diketahui, nomor rekening adalah kode unik yang tentu tidak sama antara satu dengan yang lain. 

Artinya, bank memiliki sistem tersendiri untuk menentukan nomor rekening pribadi setiap nasabah. Artikel ini memberikan informasi lengkap untuk kamu bisa mengetahui nomor rekening dengan cara mudah dan tepat. 

Cari Tahu saat Melakukan transaksi 

Cara mengetahui bank dari nomor rekening yang hendak dituju adalah dengan melakukan melakukan transfer. Nah, untuk melakukan transfer tersebut ada berbagai cara misalnya dengan melakukan secara mandiri atau bantuan orang lain dalam hal ini adalah bank. 

Tentu melakukannya dengan mandiri lebih cepat dan aman. Sedangkan dengan bantuan orang lain membutuhkan waktu dan biaya lebih dibandingkan melakukannya secara mandiri. 

Berikut berbagai cara melakukan transaksi dan cara mengetahui bank dari nomor rekening yang hendak ditransfer: 

Lewat ATM 

Jauh sebelum mobile banking jamak digunakan, mesin ATM adalah alat bantu untuk melakukan transaksi secara mandiri. Kamu bisa bertransaksi di ATM dimana saja dan kapan saja. 

Bagi kamu yang hendak mengetahui nomor rekening caranya dengan di ATM. Misalnya cek saldo, mutasi rekening hingga transfer rekening. 

Setiap kali melakukan transaksi akan tercantum nomor rekening kamu berikut juga nomor rekening tujuan transfer yang kamu lakukan. Berikut cara mengetahui nomor rekening dari ATM: 

1. Cek saldo 

Umumnya dilakukan untuk mengetahui nilai rekening atau jumlah uang kamu miliki. Cek saldo akan memunculkan nomor rekening kamu. Begitu juga ketika melakukan mutasi rekening akan terlihat nomor rekening ketika kamu melakukan cetak saldo. 

Umumnya berikut cara melakukan cek saldo: 

  • Masukkan kartu ATM kamu 
  • Masukkan pin kartu ATM kamu 
  • Pilih bahasa Inggris atau Indonesia 
  • Selanjutnya pilih menu saldo 
  • Cek saldo atau mutasi rekening 

2. Tarik tunai 

Membutuhkan uang tunai, biasanya kamu akan melakukan  penarikan dana dari ATM. Nah, ketika kamu bertransaksi dengan menarik uang tunai, lalu akan ada pilihan sisa saldo kamu hendak dicetak kertas atau hanya ditampilkan pada layar. 

Jika kamu ingin mengetahui nomor rekening memang seharusnya dilakukan dengan cetak kertas. Kemudian kertas tersebut akan mencetak nomor rekening milik kamu. 

Berikut cara melakukan tarik tunai: 

  • Masukkan kartu ATM kamu 
  • Masukkan pin kartu ATM kamu 
  • Pilih bahasa Inggris atau Indonesia 
  • Selanjutnya pilih menu tarik tunai 
  • Pilih nominal yang hendak kamu inginkan 
  • Selanjutnya pilih tombol yes untuk memastikan uang yang hendak kamu ambil 
  • Ketika uang keluar, selanjutnya akan keluar kertas bukti transaksi yang sudah kamu lakukan 
  • Kertas tersebut mencetak nomor rekening kamu  

3. Mobile banking 

Penggunaan mobile banking saat ini sangat umum terjadi untuk memudahkan transaksi. Mobile banking menghemat waktu, lebih cepat dan efisien ketika kamu membutuhkan transaksi keuangan. 

Untuk mengecek nomor rekening dari mobile banking bisa terlihat ketika pertama kali log-in. Umumnya di atas saldo rekening akan menampakkan nomor rekening kamu. Sangat praktis bukan? 

4. Buku tabungan 

Ketika pertama kali kamu membuka rekening bank, maka kamu akan mendapatkan bukti sah kepemilikan rekening. Buktinya adalah dengan memiliki buku tabungan yang menampilkan nomor rekeningmu di halaman pertama persis di bawah nama lengkap kamu. 

Jadi, pastikan dulu mencari buku tabungan sebelum meminta bantuan ke pihak bank. Sebab dengan cara tersebut tentu akan lebih mudah dibandingkan harus mendatangi kantor cabang bank atau menelepon customer service. 

Bantuan dari Pihak Bank 

Ketika cara mandiri kamu tak bisa melakukannya karena keterbatasan jaringan, maka kamu bisa meminta bantuan pihak dari bank untuk mengetahui nomor rekening. Lewat customer service dengan datang ke kantor cabang bank atau meneleponnya. 

Jangan lupa untuk dapat dilayani dan bisa terselesaikan masalah, kamu harus membawa kartu identitas yang sama ketika kamu membuka rekening. 

Hitung dari Jumlah Digit Bank

Untuk mengetahui, bank dari nomor rekening cara paling praktis adalah dengan menghitung digit nomor rekening tersebut. Sebagai informasi jumlah digit nomor rekening bank konvensional sekitar 12- 16 digit. Berbeda dengan bank syariah yang nomor digitnya sekitar 10 angka.

Berikut nomor digit bank konvensional yang dapat memudahkan kamu bertransaksi: 

Bank  No digit rekening 
Bank Rakyat Indonesia  15 digit
Bank Mandiri  13 digit 
Bank Tabungan Negara  16 digit 
Bank Central Asia  10 digit 
Bank Negara Indonesia  10 digit 
Bank CIMB Niaga  14 digit 
Bank Danamon  10 digit 
Bank Maybank  10 digit 
Bank Sinarmas  10 digit 
Bank Permata  10 digit 
Bank Tabungan Pensiunan Nasional 11 digit  
Bank DKI  10 digit 
Bank Bukopin  10 digit

Berikut nomor digit bank syariah yang dapat memudahkan kamu bertransaksi: 

Bank  No digit rekening 
Bank Syariah Indonesia  10 digit 
Bank CIMB Syariah  14 digit 
Bank Muamalat  10 digit 
Bank Sinarmas Syariah  10 digit 
Bank Danamon Syariah  10 digit 

Cara Mengetahui Bank dari Nomor Rekening dari Kode Bank

Paling tepat cara mengetahui bank dari nomor rekening sebelum melakukan transfer adalah dengan memeriksa kode bank. Nah, kode bank tersebut biasanya ada tiga digit. Berikut kode rekening bank  konvensional yang memudahkan kamu bertransaksi: 

Bank  Kode transaksi 
Bank BRI  002 
Bank Mandiri  008 
Bank BTN  200
Bank BNI  009 
Bank BCA  004
Bank CIMB Niaga  022
Bank Sinarmas  153
Bank Permata  013 
Citibank  031 
Bank Mega  426 
Bank Bukopin  441 
Bank BII Maybank  016
Bank Danamon  011 

Hendak melakukan transfer ke Bank Pembangunan Daerah atau BPD? Kamu juga bisa melakukannya dengan mudah. Berikut kode bank khusus untuk BPD: 

Bank  Kode Bank 
BPD Jabar  110 
Bank Lampung  121
Bank DKI  111
Bank Sumsel  120
Bank Jateng  113
Bank Riau  119 
Bank Jambi 115
Bank Nagari  118 
Bank Jatim  114
Bank Sumut  117
Bank Aceh  116

Demikian cara mengetahui bank dari nomor rekening, semoga bisa membantu kamu saat melakukan transaksi transfer ke bank lain.