Ketika menggeluti sebuah bisnis dan memiliki produk untuk ditawarkan, maka sudah pasti kita harus memikirkan harga yang akan diberikan kepada konsumen terkait produk tersebut. Persoalan harga ini harus diperhatikan, sebab jika salah dalam menetapkan harga maka akan memberikan dampak bagi bisnis itu sendiri. Bahkan bukan tidak mungkin konsumen justru tidak tertarik untuk membeli produknya. Lantas bagaimana cara menetapkan harga sebuah produk?

Cara Menetapkan Harga Sebuah Produk

Sejumlah Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Menetapkan Harga Produk

Sebagaimana telah disampaikan di awal bahwa harga memberikan pengaruh bagi sebuah bisnis. Laku atau tidaknya produk tergantung dari harga yang ditetapkan. Alhasil itu pun akan memberikan pengaruh bagi bisnis, apakah bisnis akan lancar atau justru tersendat dikarenakan perkara kesalahan penetapan harga.

Apakah harga harus mahal atau justru murah saja? Tentunya hal ini harus disikapi dengan bijak. Sebab penetapan harga produk harus berdasarkan pertimbangan yang matang. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika ingin menetapkan harga produk.

1. Jumlah Modal yang Dikeluarkan

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah jumlah modal yang dikeluarkan. Pada dasarnya setiap produk memiliki modal dalam proses produksi. Modal tersebut harus diperhitungkan dengan benar, sehingga pada akhirnya akan memperoleh jumlah modal untuk satu produk. Data ini nantinya akan menjadi dasar bagi pebisnis dalam menetapkan harga produk mereka kepada konsumen.

2. Harga Produk di Pasaran

Kedua, pebisnis yang ingin menetapkan harga produk juga harus mempertimbangkan harga pasaran yang ada saat ini. Cobalah untuk melakukan riset tentang harga produk di pasaran, sehingga mendapatkan gambaran yang lebih jelas untuk harga yang layak bagi produk tersebut. Harga pasaran ini juga akan memberikan bayangan tentang besar keuntungan yang sekiranya akan didapat dengan harga tersebut dan juga modal yang telah dikeluarkan.

3. Besar Keuntungan yang Ingin Diperoleh

Hal ketiga yang juga harus diperhatikan adalah perihal keuntungan yang ingin didapat. Sebagai pebisnis, kita memiliki keleluasaan dalam menentukan keuntungan yang ingin diperoleh. Perhitungannya dapat dilakukan dengan mengkalkulasikan modal dan juga harga yang ingin diberikan. Besar atau kecilnya keuntungannya tergantung dari cara Anda menyikapinya. Sebagian orang beranggapan bahwa tidak mengapa untung kecil, namun bisnis dapat berjalan dengan lancar dan produk selalu terjual.

Setidaknya 3 hal tadi menjadi dasar yang penting untuk diperhatikan saat ingin menetapkan harga produk. Harga yang diberikan semestinya juga harus mempertimbangkan kualitas dari produk itu sendiri. Sedikit aneh dan kurang layak, jika harga tinggi diberikan kepada produk dengan kualitas di bawah standar. Berikanlah harga yang wajar, yang sekiranya dapat memberikan keuntungan namun tidak pula membebankan konsumen. Apalagi di masa sulit seperti sekarang, maka penetapan harga ini harus dipertimbangkan dengan matang dan bijak.