Anda ingin menjadi seorang pekerja lepas? Berarti anda harus siap dengan penghasilan yang tidak pasti. Anda harus siap mendapatkan banyak proyek atau justru tidak ada proyek sama sekali. Meski begitu, bukan berarti Anda tak bisa menghasilkan uang lebih.

Cara Mendapatkan Uang Lebih Untuk Freelancer

Cara-cara yang Dapat Dilakukan Freelancer Untuk Menambah Penghasilan

Ada banyak cara yang dapat dilakukan seorang pekerja lepas (freelance) untuk menambah penghasilannya. Yuk, pelajari cara-cara berikut ini:

1. Mencari Pendapatan Pasif

Pendapatan pasif adalah pendapatan yang pasti dapat Anda terima tanpa melakukan pekerjaan apa pun. Kok bisa ya?

Anda tinggal bergabung dengan situs-situs yang menjual foto, ikon, gambar, templates dan lain-lain, kemudian membuat salah satu di antaranya. Setelah itu, Anda hanya tinggal menunggu seseorang membeli foto, ikon, gambar, dan templates milik Anda.

Salah satu situs yang bekerja dengan cara seperti ini adalah dafont.com. Dafont adalah situs yang menyediakan berbagai macam font (huruf). Beberapa di antaranya dapat diunduh secara gratis, sementara lainnya, berbayar.

Jika kita mengunduh font yang berbayar, desainernya akan mendapatkan pendapatan pasif dari uang yang dibayarkan, tentunya setelah dipotong terlebih dulu oleh situsnya.

Itulah gambaran mengenai pendapatan pasif. Anda cukup membuatnya satu kali, pendapatannya bisa dinikmati bertahun-tahun ke depan.

2. Bekerja Lepas untuk Sebuah Perusahaan

Jika bekerja freelance di perusahaan, Anda tetap dapat menentukan sendiri harga Anda dan pekerjaan mana yang akan Anda ambil. Peran Anda bukan sebagai bawahan, tetapi sebagai rekan kerja.

Perusahaan tempat anda bekerja freelance mungkin hanya menawarkan satu atau dua pekerjaan pada Anda. Namun, tidak ada salahnya jika Anda memberi masukan, dan menawarkan keahlian lain yang Anda miliki. Jika mereka tertarik, maka kemungkinan besar Anda akan mendapat proyek tambahan, bahkan proyek tetap setiap bulannya.

3. Menjadi Agen Pekerja Freelance

Tentunya anda memiliki banyak koneksi dan klien langganan setelah lama menekuni pekerjaan freelance. Hal tersebut bisa Anda manfaatkan dengan menjadi agen para pekerja freelance lain yang tidak tahu ke mana harus mencari klien.

Yang perlu Anda lakukan hanya mempertemukan klien dengan pekerja freelance lain yang mampu mengerjakan proyek tersebut. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan keuntungan tanpa harus kerja keras seperti biasanya.

Jika Anda mencoba hal ini, jagalah kepercayaan klien. Pastikan orang yang Anda pilih untuk bekerja dengan klien adalah orang yang tepat dan dapat dipercaya.

Sebagai seorang pekerja freelance, tentu saja ada banyak cara lain yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan pendapatan Anda, terlebih lagi ada waktu luang . Yang terpenting jangan takut belajar dan mencoba hal-hal baru.