Menjadi pengusaha memang bukan perkara mudah. Perlu berbagai perjuangan untuk bisa mencapai sukses menjadi pengusaha. Untuk memulai sebuah usaha tentunya diperlukan sebuah modal, elemen terpenting dalam sebuah usaha. Mustahil bagi kita untuk memiliki sebuah usaha besar namun tanpa modal kecuali mimpi indah semalam.

Cara Mendapat Modal Tanpa berurusan dengan Bank

Tips Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Pinjaman Bank

Beberapa orang untuk memulai mencari modal usaha, biasanya mereka mengajukan pinjaman pada bank. Melakukan pinjaman pada bank bukanlah perkara yang mudah. Ada beberapa syarat yang harus dilalui, belum lagi bunga serta jaminan nya yang besar.

Berikut ini adalah beberapa solusi yang bisa Anda lakukan untuk mencari modal usaha tanpa harus melakukan pinjaman bank.

1. Menggunakan Tabungan

Menggunakan tabungan Anda sebagai modal usaha adalah cara paling worth it untuk menghindari Bunga bank yang terlalu tinggi. Anda bisa mencoba mengambil beberapa uang yang ada di tabungan Anda untuk dipakai sebagai modal usaha.

2. Menjual Barang yang Memiliki Nilai Tukar dan Sudah Tidak Terpakai

Apabila uang di tabungan Anda tidak mencukupi, Anda bisa menjual barang – barang di rumahu yang sudah tidak terpakai dan mempunyai nilai jual yang lumayan tinggi, untuk kemudian uangnya digunakan sebagai modal usaha. Daripada membuat penuh isi rumah dan gerah, menjualnya lebih baik bukan.

3. Menggadaikan Barang Memiliki Nilai Tukar

Sebuah solusi yang tepat, apabila ternyata Anda masih sayang terhadap barang yang kurang berguna itu. Anda bisa pergi ke pegadaian dan menitipkan sementara barang tersebut di pegadaian untuk mendapatkan sejumlah uang. Setelah usahamu mulai meroket dan sudah memiliki uang untuk menebusnya, maka barang kesayanganmu akan kembali lagi

4. Menyisihkan Gaji Bulanan secara Rutin

Apabila Anda adalah pekerja di sebuah perusahaan, mulailah menyisihkan gaji perbulan secara rutin dan buatlah target berapa banyak uang yang harus Anda kumpulkan dalam beberapa bulan ke belakang untuk memulai usaha sendiri. Apabila konsisten dengan diri anda untuk menabung dalam beberapa bulan saja modal usaha anda akan segera terkumpul bukan?. Tahanlah nafsu pengeluaranmu yang terlampau besar itu.

5. Meminjam uang ke saudara atau teman terdekat

Langkah terakhir Anda bisa meminjang uang ke saudara atau teman terdekatmu. Mungkin Anda tidak akan mendapatkan uang sebanyak yang bisa Anda targetkan. Namun setidaknya, Anda tidak perlu memikirkan bunganya.

6. Mencari Partner Kerja Terdekat

Partner adalah salah satu modal terpenting dalam merintis sebuah usaha. Mulailah memperkenalkan usahamu kepada saudara atau teman – teman terdekatmu lebih dulu. Siapa tau dengan perkenalan tersebut orang – orang disekitarmu menjadi tertarik dan bisa membantumu dalam merintis sebuah usaha.

Inilah 6 cara yang Anda bisa diterapkan apabila Anda terkendala modal dalam memulai sebuah usaha. Dalam merintis sebuah usaha perjuangan yang luar bisa. Mulai saja dulu dari yang terkecil dan dijalankan secara konsisten dan selalu lakukan evaluasi untuk mencapai target yang lebih dari sebelumnya. Kelak usahamu akan besar dengan sendirinya
Cara Check Batas Pemakaian kartu Halo