Saat ini, laptop yang dijual di pasaran memiliki performa yang baik dan kencang. Apalagi dengan kehadiran os windows 10 yang jauh lebih cepat dibandingkan dengan pendahulunya.

Tapi, pc atau laptop akan perlahan menurun atau lemot apabila digunakan setiap hari. Karena menggunakan laptop yang sudah menurun atau lemot lama-lama akan menjengkelkan terutama jika Anda tengah dikejar deadline.

Jika Anda adalah salah seorang pengguna laptop atau pc yang sudah lemot, Anda tidak perlu khawatir. Sebab ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar laptop yang sudah lemot dapat cepat kembali.

Cara Mempertahankan Performa Laptop Agar Tidak Lemot

Cara Mempertahankan Laptop Supaya Tidak Lemot

Berikut ini ada beberapa cara mempertahankan laptop supaya tidak lemot. Dan cara-cara ini juga dapat dilakukan untuk mengatasi laptop yang sudah terlanjur lemot.

1. Perbarui sistem operasi dan aplikasi

Pertama, Anda harus selalu perbarui sistem operasi dan aplikasi yang ada di pc atau laptop Anda. Karena hal ini akan membuat sistem Anda selalu update dan laptop Anda pun akan lebih aman serta performanya juga jadi lebih cepat.

2. Aplikasi yang tidak digunakan bisa di uninstall

Kedua. Anda bisa uninstall aplikasi yang sudah tidak Anda gunakan. Karena banyak pengguna laptop atau pc mengunduh aplikasi yang jarang digunakan. Padahal aplikasi tersebut memakan tempat yang cukup besar di harddisk.

3. Membatasi Aplikasi ketika startup

Apabila laptop Anda menjadi lemot saat dihidupkan mungkin ada beberapa aplikasi yang dijalankan saat startup. Anda bisa batasi aplikasi yang berjalan saat startup tersebut dengan buka Task Manager kemudian klik tab startup. Anda bisa melihat aplikasi yang berjalan disini.

4. Bersihkan disk

Anda juga harus rutin dalam membersihkan disk dengan menggunakan disk cleanup. Utility ini dapat membantu Anda yang ingin menghapus beberapa file yang tidak Anda inginkan seperti file sementara, file installer ataupun halaman web offline.

5. Ganti RAM yang lebih besar

Memori yang lebih banyak dan besar akan membuat laptop Anda jadi lebih kencang dan bisa dioperasikan dengan lancar setiap hari. Jika Anda merasa laptop Anda sudah lemot parah, cobalah menggantinya dengan RAM yang ukurannya lebih besar.

6. Mengganti ke Solid-State drive

HDD yang biasa Anda gunakan mungkin lebih murah, tapi SSD atau solid-state drive akan membuat proses startup laptop Anda dan proses ketika menjalankan aplikasi jadi lebih cepat.

7. Mengganti pengaturan baterai

Jika Anda ingin hemat baterai dan listrik, ini bukan pilihan tepat tapi hal ini bisa membuat performa laptop Anda meningkat dengan cara yang instan. Cara mengganti pengaturan baterai adalah dengan masuk ke control panel, pilih system and security dan pilih power options.

Jadi banyak sekali cara yang dapat Anda lakukan jika ingin mempertahankan performa laptop Anda agar tetap dapat dioperasikan dengan lancar. Tapi, jika laptop Anda terlanjur lemot, beberapa cara di atas pun juga bisa Anda lakukan.