Konsumsi internet saat ini semakin tinggi karena memang semua sudah berbasis internet dengan system online. Mulai dari pertemanan, lingkungan social, pekerjaan hingga hobby. Kemajuan teknologi memanjakan manusia sekaligus membuat kebutuhan pulsa untuk paket data juga naik pesat. Namun, banyak pengguna yang belum paham bahwa kebutuhan paket internet sebenarnya bisa diatur dengan begitu Anda tidak akan over budget. Yang namanya paket internet nyaris tidak ada batasannya. Semua orang memiliki kebutuhan yang berbeda dan penggunaan data internet bisa diatur sehingga sesuai fungsinya.

Berikut ini beberapa tips mudah untuk Anda yang ingin menghemat konsumsi paket data Android Anda:

  • Biasakan untuk mengaktifkan paket internet hanya saat Anda sedang memerlukannya saja. Biasanya Anda akan membeli paket dengan quota tertentu bisa untuk 1 hari, 1 minggu atau 1 bulan full. Masing-masing provider memiliki kebijakan masing-masing mengenai hal tersebut. Dan semakin banyak quota yang Anda dapatkan biasanya harganya juga akan semakin mahal. Jika sedang di daerah yang sulit sinyal, matikan saja internetnya atau saat malam hari tidak dipakai matikan saja. Dengan begitu quota tidak akan cepat habis.
  • Yang berikutnya adalah pilih jenis paket internet yang memang sesuai dengan kebutuhan Anda. Ada yang kebutuhan internetnya untuk bermain game, untuk chatting dan social media biasa, untuk browsing atau untuk bermain di pasar modal. Jika memang Anda harus selalu menggunakan paket internet maka pilih yang unlimited sehingga tidak perlu takut kehabisan quota saat harus menggunakannya. Untuk yang memilih paket quota maka yang kebutuhannya memang terbatas dan tidak terlalu addict.
  • Matikan juga feature auto synchronize pada ponsel Android Anda. Ini adalah feature yang mempermudah Anda namun sangat menguras data internet karena bisa otomatis sinkronisasi email kapan saja. Anda bisa memilih mengubah mode menjadi manual sehingga ketika butuh saja baru di ON kan.
  • Jangan gengsi memanfaatkan fasilitas hot spot atau wifi ketika Anda bepergian. Hal ini menjadi salah satu cara penghematan paket internet yang sudah bisa Anda dinikmati di banyak public place di Indonesia. Untuk Anda yang budget internet nya terbatas fasilitas ini sangat recommended sekali bukan?
  • Android sekarang memiliki feature Data Saver yang berfungsi untuk menghemat data yang Anda gunakan. Aktifkan feature tersebut dan ketika quota batasan sudah digunakan semua akan muncul peringatan. Lumayan, dengan feature ini penggunaan data bisa dipangkas hingga 50%.

Tips hemat paket data diatas sangat bermanfaat dan bisa Anda coba lakukan untuk mengontrol penggunaan paket internet. Dengan begitu quota yang sudah Anda beli bisa cukup untuk waktu yang sudah ada dan Anda tidak perlu over budget untuk membeli paket quota lagi.