Investasi atau yang disebut juga dengan penanaman modal merupakan salah satu jenis bisnis yang saat ini banyak dilirik oleh beberapa orang. Adanya jaminan keuntungan jangka panjang yang bisa dinikmati membuat bisnis ini menjadi produk incaran masyarakat.

Jenis investasi sendiri juga sangat beragam, mulai dari investasi penanaman modal berupa pembelian aktiva dan saham di sebuah perusahaan dan lain-lain, termasuk investasi ternak lele.

Bisnis Investasi Ternak Lele Yang Dijamin Keuntunganya

Apa itu Investasi Ternak Lele?

Belakangan ini muncul istilah investasi di bidang agribisnis yang juga menjanjikan namun memiliki tingkat resiko yang lebih kecil dari investasi sebelumnya. Asalkan kita mau berusaha belajar dan jika perlu mau bermitra dengan orang-orang yang lebih berpengalaman maka tentu investasi ini tetap membawa keuntungan bagi para investornya.

Selain dalam bidang agribisnis, ternyata investasi di bidang ternak juga tak kalah menjanjikan. Salah satunya adalah investasi ternak lele. Jika dikelola dengan benar maka investasi dalam bidang usaha akuakultur ini dapat menghasilkan keuntungan yang besar.

Mengapa investasi ternak lele dianggap menguntungkan? berikut beberapa alasan mengapa anda patut mencoba investasi ini.

1. Biaya operasional yang rendah

Dibandingkan dengan ternak unggas, ternak ikan membutuhkan lebih kecil biaya operasional. Maritim Indonesia bisa dikatakan 2/3 dari wilayah negara Indonesia adalah lautan.

Lautan adalah penghasil ikan. Di Indonesia hampir berbagai jenis makanan menggunakan ikan. Oleh karena itu investasi ternak lele ini sangat menguntungkan bukan.

2. Menentukan pola pikir

Memulai sebuah bisnis investasi khususnya dalam bidang ternak ikan ini tentu harus dimulai dari pola pikir yang benar. Seperti yang kita ketahui sebelumnya, investasi agribisnis dan akuakultur tidak bisa langsung menuai untung secara instan.

Investor harus memikirkan juga tantangan bisnis seperti pembaharuan teknologi peralatan yang lebih canggih untuk meningkatkan hasil ternaknya. Jadi, bukan berarti sebagai investor hanya mengawasi saja tanpa ikut memikirkan. Maka dari itu menambah informasi sangat penting disini.

3. Menambah pengetahuan dasar

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa walau hanya sebagai investor kita tidak boleh hanya berpangku tangan dan mengawasi saja, namun minimal mengetahui dasar-dasar budidaya ikan lele.

Hal ini dapat digunakan sebagai prediksi anda tentang usaha tersebut. Anda bisa belajar dari buku-buku maupun melakukan observasi ke beberapa orang yang telah menjalankan bisnis tersebut.

4. Studi kelayakan

Studi kelayakan dilakukan untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan serta ancaman yang sekiranya akan menghampiri bisnis tersebut. Ini akan membantu anda dalam menghadapi tantangan di masa mendatang.

5. Dapat ilmu untuk pembukuan dari perencanaan bisnis

Jika anda sudah benar-benar serius dengan bisnis yang akan anda lakukan, anda bisa menulisnya secara terperinci mengenai rencana bisnis yang akan anda lakukan. Hal ini akan membantu anda mempersiapkan strategi pertumbuhan bisnis anda.

Dalam hal bisnis pengetahuan dasar serta planning bisnis merupakan hal yang perlu terus anda kaji. Hal ini akan menunjang hasil yang anda dapatkan ketika bisnis telah berjalan.