Membangun bisnis di era digital memiliki tantangan tersendiri. Namun, jika anda memulainya dengan benar, proses selanjutnya akan lebih mudah. Bagaimana caranya? Semua berawal dari ide.

Jika anda mampu menemukan ide bisnis digital yang tepat dan membangunnya dengan langkah yang benar, bukan mustahil anda akan mampu mencapai hasil terbaik.

Bisnis Digital Yang Paling Menjanjikan Di Tahun 2020

Apa Saja Bisnis Digital Yang Paling Menjanjikan Di Tahun 2020 Ini?

Bisnis digital merupakan bisnis yang memanfaatkan kecanggihan teknologi, bisa dibilang bisnis ini adalah bisnis untuk menciptakan sebuah produk ataupun memasarkan produk tersebut.

Berikut ide bisnis digital yang paling menjanjikan ditahun 2020:

1. Menekuni bisnis afiliasi

Afiliasi adalah kegiatan memasarkan barang milik orang lain dengan imbalan berupa komisi. Secara singkat, cara kerja afiliasi terbagi menjadi tiga bagian. Pertama, anda mendaftar pada sebuah program afiliasi dan kemudian mendapatkan kode referal atau tautan khusus.

Kedua, anda memasarkan produk tersebut menggunakan website atau media sosial anda. Ketiga, pada saat ada pembeli yang menggunakan kode yang anda berikan atau mengikuti tautan yang anda sarankan, anda akan mendapatkan bagi hasil pendapatan.

2. Menjadi seorang youtuber

Satu hal yang menarik dari youtube adalah setiap orang memiliki kesempatan untuk meraih sukses yang sama. Anda hanya perlu memikirkan apa yang menjadi keahlian anda dan juga menarik untuk dijadikan konten.

3. Mencoba bisnis dropship

Dropship adalah bisnis digital yang memungkinkan anda menjual suatu produk tanpa memikirkan gudang dan pengiriman barang. Jadi, anda cukup mengandalkan kemampuan menjual anda saja. Inilah yang paling membedakan antara dropship dengan reseller.

Selain itu, dropship juga berbeda dengan afiliasi. Di bisnis affiliasi, tugas anda adalah seorang marketer yang menawarkan suatu produk, di bisnis dropship, anda benar-benar menjual barang tersebut dan menerima uang dari pembeli.

Keuntungan bisnis dropship berasal dari selisih uang yang anda terima dari pembeli dengan jumlah uang yang anda bayarkan kepada produsen barang.

4. Menawarkan jasa pembuatan website

Jika anda seorang developer, kemampuan anda membuat website yang menarik bisa menjadi bisnis digital yang potensial. Saat ini kebutuhan akan website semakin meningkat, baik untuk instansi pemerintah, perusahaan, maupun individu.

Walaupun banyak cara untuk dapat membuat website dengan mudah, untuk kustomisasi yang lebih rumit, diperlukan keahlian pemrograman tingkat lanjut yang hanya dimiliki oleh seorang web developer.

Selain potensial, bisnis ini memungkinkan anda bekerja dari rumah atau dari tempat manapun yang anda sukai. Anda bisa memanfaatkan berbagai platform untuk para pekerja lepas (freelancer) seperti freelancer. Namun idealnya, anda bisa menggunakan blog anda sebagai sarana menawarkan jasa tersebut.

Tentunya dengan didukung oleh portofolio hasil pekerjaan anda sehingga membuat calon klien anda semakin tertarik.