Berkembangnya internet membuat siapa saja memanfaatkannya untuk berbagai keperluan. Tidak hanya menjadi media untuk bertukar informasi maupun mencari teman bahkan sanak famili yang lama tidak bersua. Internet dimanfaatkan untuk mengais pundi-pundi, bahkan sangat ideal untuk dijadikan ladang bisnis.

Berbisnis melalui internet memang menawarkan prospek yang menjanjikan, apalagi ditunjang dengan teknik pemasaran online yang diklaim kaya keunggulan. Teknik marketing online cukup beragam, salah satunya adalah menggunakan sosial media yang familiar di mata masyarakat dunia.

Berikut 5 Manfaat Sosial Media Marketing Dalam Bisnis

Berkenalan dengan Sosial Media Marketing

Sebelum membahas lebih jauh mengenai sosial media marketing, maka penting sekali untuk mengetahui definisinya terlebih dahulu. Secara sederhana sosial media marketing adalah sebuah proses marketing atau promosi online dengan menggunakan platform sosial media. Jadi, sosial media tidak hanya menjadi media pertemanan dan komunikasi saja namun bisa dipakai pula untuk kebutuhan marketing sebuah bisnis.

Manfaat Hebat yang Diberikan Sosial Media Marketing

Teknik marketing online tidak hanya bisa mengandalkan sosial media, bisa pula memakai Google Adsense maupun yang lainnya. Namun memakai sosial media marketing perlu diakui memberi banyak manfaat, diantaranya adalah:

1. Teknik Marketing yang Lebih Efektif

Sosial media menjadi media online yang sangat populer, bahkan sebuah survei menunjukan jika nyaris tidak ada pengguna internet yang tidak memakainya. Setiap kali membuka smartphone untuk kali pertama maka seseorang akan mengakses akun sosial medianya.

Artinya melakukan promosi di situs populer semacam ini sangat menguntungkan, karena dijamin lebih efektif. Iklan yang Anda tayangkan akan lebih mudah dilihat, dibaca, dan menarik minat pengguna sosial media tersebut. Sehingga tidak perlu ragu akan efektifitas dari promosi melalui sosial media.

2. Pangsa Pasar yang Dijangkau Lebih Luas

Internet memang menyajikan media promosi yang tidak mengenal batasan geografis. Hal ini juga berlaku untuk teknik marketing memakai sosial media, sehingga bisa menjangkau pasar lebih luas. Meskipun Anda berjualan di Jakarta, tetap bisa memperkenalkan produk bagi masyarakat yang tinggal di Papua, Sumatera, dan bahkan luar negeri.

3. Media untuk Meningkatkan Brand Awareness

Jika produk ataupun jasa yang Anda tawarkan kepada pengguna internet bukanlah produk ilegal. Maka tawarkan atau promosikan melalui media yang mudah diakses oleh siapa saja tanpa harus ke pasar gelap. Sosial media menjadi tempat yang memungkinkan Anda memperkenalkan produk secara luas dan tanpa harus sembunyi-sembunyi.

4. Kemudahan Berkomunikasi dengan Audiens

Melakukan marketing online melalui sosial media juga memungkinkan Anda untuk bisa lebih dekat dengan audiens atau calon pelanggan. Setiap kali ada komentar yang masuk, pesan yang masuk, dan lain sebagainya. Maka bisa langsung memberi respon sehingga resiko kehilangan pelanggan bisa ditekan.

Sosial media marketing menjadi media terbaik dan tepat untuk dimanfaatkan sebagai upaya mengembangkan bisnis yang dimiliki. Tekniknya mudah dan manfaat yang diberikan sangat kompleks, sesuai penjelasan di atas sehingga wajib untuk dicoba dan dimanfaatkan secara maksimal.