Serangan pandemi virus Covid-19 yang masif membuat banyak negara di dunia menerapkan kebijakan lockdown. Yakni menutup akses masyarakatnya untuk keluar rumah kecuali untuk kegiatan yang mendesak dan diperlukan. Kebijakan ini pertama kali diterapkan di China dan menunjukan hasil positif, maka tidak butuh waktu lama kemudian ditiru negara lain yang berjuang melawan Covid-19.

Berbagai Negara yang Melonggarkan dan Mencabut Lockdown

Negara di Dunia yang Melonggarkan Lockdown

Perlahan kabar baik mulai menghiasi artikel-artikel di berbagai media pemberitaan, baik nasional maupun internasional. Salah satunya mengenai banyaknya negara yang memutuskan untuk melonggarkan lockdown tersebut. Beberapa negara bahkan tercatat mencabut kebijakan tersebut, yang tentu menjadi sinyal bahwa perlawanan terhadap Covid-19 memberi hasil positif.

Lantas, negara mana saja yang kemudian memutuskan untuk melonggarkan kebijakan lockdown? Berikut adalah daftar negara tersebut:

1. Kota Wuhan di China

Pada hari Rabu, 8 April 2020 lalu kota Wuhan di Provinsi Hubei, China resmi mengakhiri masa lockdown. Kota Wuhan memiliki penduduk sekitar 11 juta jiwa dan melakukan lockdown sejak Januari 2020. Pemerintah China sendiri menyampaikan dengan optimis bahwa sudah berhasil menjinakan virus Covid-19. Sejak lockdown dihentikan masyarakat kembali terlihat beraktivitas seperti biasanya.

2. Negara Vietnam

Negara Vietnam memang sukses melawan virus Covid-19 dan berhasil mencuri perhatian dunia. Sebab menjadi satu-satunya negara di dunia yang meski terserang pandemi namun tidak memiliki korban jiwa. Padahal jika dilihat secara geografis, negara ini berbatasan langsung dengan China. Keberhasilan Vietnam tidak terlepas dari kecepatan dan ketepatan pemerintah dalam membentuk penyebaran Covid-19.

3. Italia Mengakhiri Lockdown Terpanjang

Italia yang diketahui menghadapi kondisi terparah melawan Covid-19 pada 4 Mei 2020 kemarin resmi mencabut kebijakan lockdown. Terhitung Italia melakukan kebijakan tersebut selama dua bulan penuh. Sejak lockdown resmi dibuka, degungan suara bus, mobil, dan kendaraan lainnya mulai memenuhi udara di negara tersebut.

4. Selandia Baru Melonggarkan Lockdown

Negara Selandia Baru juga tercatat melakukan pelonggaran terhadap kebijakan lockdown secara bertahap. Lockdown pertama kali dilonggarkan pada tengah malam di hari Senin, 4 Mei 2020 kemarin. Negara ini juga terbilang sukses melawan Covid-19 dengan korban meninggal hanya 1% saja.

5. Thailand

Pelonggaran kebijakan lockdown juga terlihat mulai diterapkan negara Thailand, sejak 3 Mei 2020. Pelonggaran yang dilakukan pemerintah Thailand juga meliputi pembukaan kembali restoran, kafe, maupun pasar. Namun kembalinya dioperasikan berbagai tempat usaha masih tetap menerapkan prosedur melawan Covid-19 secara ketat.

6. Malaysia

Pemerintah Malaysia pada 4 Mei 2020 kemarin juga secara resmi melonggarkan kebijakan lockdown. Ditandai dengan mulai dibukanya kembali semua sektor bisnis di negara tersebut.

Semakin banyaknya negara di dunia yang melonggarkan bahkan mencabut kebijakan lockdown tentu menjadi sebuah angin segar. Yakni menandakan jika pandemi Covid-19 akan segera berakhir, dan tentunya tetap berharap kondisi serupa terjadi di Indonesia.