Tidak hanya para pegawai negeri sipil (PNS) yang merasa was-was tidak menerima THR tahun ini akibat adanya pandemi covid-19. Mereka yang hendak mengikuti tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) juga memiliki kekhawatiran tersendiri. Ada isu bahwa jadwal Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) bagi peserta yang lolos ujian CPNS tahun 2019 dihapus. Benarkah hal tersebut?

Benarkah SKB CPNS 2019 Dibatalkan

Tidak Ada Pembatalan SKB CPNS 2019

Pelaksanaan SKB CPNS 2019 memang telah mengalami penundaan dimana seharusnya sudah digelar sejak 25 April 2020 lalu. Badan Kepegawaian Negara (BKN) sendiri menyatakan bahwa agenda ini akan tetap dilaksanakan dan dipastikan tidak ada pembatalan. Meskipun begitu banyak netizen yang berpendapat SKB CPNS 2019 ini lebih baik dibatalkan saja.

Kepastian jadwal pelaksanaan seleksi kompetensi bidang ini tentu masih belum bisa diinformasikan. Awalnya BKN menyebut kemungkinan akan digelar akhir April 2020 atau awal Mei 2020. Namun, kemudian penundaan diperpanjang mengingat kondisi pandemi virus corona masih belum berakhir. Informasi tersebut juga kembali ditegaskan oleh Presiden Jokowi saat melakukan wawancara dalam tayangan Mata Najwa secara eksklusif langsung di Istana Merdeka pada Rabu, 22 April 2020.

SKB atau Seleksi Kompetensi Bidang merupakan tahap paling menentukan kelulusan pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil, setelah melewati seleksi administrasi dan Seleksi Kemampuan Dasar (SKD). Jumlah kontribusinya bahkan bisa mencapai 60% dari total penilaian. Tes ini meliputi beberapa tahapan, yaitu Computer Assisted Test (CAT), tes potensi akademik, tes praktik kerja, tes bahasa asing, tes fisik atau kesamaptaan, psikotes, tes kesehatan jiwa, dan/atau wawancara.

Tidak semua instansi mengadakan serangkaian tes tersebut. banyak yang hanya mengandalkan SKB berbentuk CAT. Tes ini tentu akan mencakup materi yang terkait dengan bidang formasi dan instansi yang dilamar. Makanya peserta CPNS bisa fokus mempelajari kisi-kisi CAT yang sesuai.

Adanya wabah covid-19 memang membuat banyak agenda nasional yang mengalami penundaan bahkan pembatalan. Mengenai jadwal SKB CPNS 2019, pemerintah mengaku bahwa anggarannya aman dan tidak dialokasikan untuk menangani pandemi. Panselnas atau Panitia Seleksi Nasional sendiri juga telah menyiapkan segala yang dibutuhkan. Mereka hanya menunggu kepastian apakah masa darurat diperpanjang atau tidak oleh BNPB. Jika masyarakat mau secara disiplin menjalankan himbauan dari pemerintah, diharapkan penyebaran virus corona akan menurun pada bulan Juli.

Dibalik keresahan sebagian pelamar CPNS mengenai kepastian SKB, ternyata ada cerita unik lain. Seorang peserta CPNS bernama Munawarah yang mengikuti rekrutmen di Kotabaru, Kalimantan Selatan mengaku senang dengan adanya penundaan. Menurutnya, ia jadi lebih banyak waktu untuk menyiapkan diri dan meningkatkan peluang kelulusan. Apalagi, pengumuman pelaksanan bisa saja diinformasikan secara mendadak.

BKN sendiri mempertanyakan usulan warganet yang menginginkan SKB untuk dibatalkan, apa yang menjadi alasannya. Pihaknya mengaku anggaran tetap ada, hanya masalah waktu pelaksanaan yang masih diundur. Untuk itu, para peserta dihimbau untuk mempersiapkan diri dengan mengikuti grup-grup SKB di aplikasi chat seperti Whatsapp dan Telegram.