Pulsa pada dasarnya menjadi salah satu bentuk kebutuhan hidup yang harus terpenuhi. Sebab kini orang-orang sangat membutuhkan pulsa agar dapat menjalin komunikasi melalui handphone.

Terkait dengan kebutuhan pulsa, ternyata ditemukan sebuah isu bahwa konsumsi pulsa di kalangan penduduk miskin cenderung mengalami peningkatan. Benarkah demikian? Mari simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Benarkah Penduduk Miskin Makin Besar Konsumsi Pulsa HP

4 Fakta Unik Seputar Konsumsi Pulsa Oleh Penduduk Miskin

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa teknologi komunikasi (seperti handphone) sangat dibutuhkan oleh setiap kalangan. Melalui handphone setiap orang dapat terhubung antara satu dengan yang lainnya.

Tentunya handphone ini akan dapat berfungsi jika memiliki stock pulsa yang cukup. Sebagaimana telah disinggung di awal tadi, bahwa konsumsi pulsa di kalangan penduduk miskin cenderung meningkat. Apakah benar demikian? Simak beberapa fakta unik seputar konsumsi pulsa oleh penduduk miskin di bawah ini.

1. Konsumsi Penduduk Miskin Cenderung Pada 3 Kebutuhan

Menteri PPN yang juga merupakan Kepala BAPPENAS, menjelaskan ada dua komponen yang menjadi fokus konsumsi penduduk miskin, yaitu rokok dan beras.

Tentunya kita pun dapat melihat langsung kenyataan itu dalam kehidupan sehari-hari. Selain rokok dan beras, ternyata penduduk miskin juga memiliki konsumsi di bidang lain, yakni pulsa handphone.

2. Konsumsi Pulsa HP Oleh Penduduk Miskin Meningkat

Fakta berikutnya, memang benar ada peningkatan konsumsi pulsa handphone oleh penduduk miskin. Bahkan jika mengacu pada data di periode Maret 2016, konsumsi pulsa hp tersebut mengalami peningkatan 25% pada per kapita per bulannya.

Terlebih di era sekarang dengan kebutuhan komunikasi yang semakin tinggi, maka tidak heran jika konsumsi pulsa tersebut cenderung bertambah.

3. Konsumsi Pulsa Meningkat Dikarenakan Penggunaan HP yang Meningkat Pula

Fakta selanjutnya adalah konsumsi pulsa yang meningkat ini ternyata dipengaruhi pula oleh penggunaan handphone yang meningkat. Tentunya penggunaan handphone ini sangat baik, sebab dapat memberikan berbagai kemudahan bagi penduduk. Namun tentunya harus disiasati agar tidak berlebihan, sehingga akan mempengaruhi keuangan keluarga.

4. Ada Andil Support dari Kebijakan Pemerintah

Sebagaimana kita ketahui bahwa pemerintah telah memberikan sejumlah kebijakan untuk membantu perekonomian masyarakat, di antaranya adalah kebijakan bagi warga miskin.

Beberapa aspek kebutuhan dasar, seperti sekolah, BBM, maupun listrik telah dibantu melalui kebijakan tersebut. Hal inilah pula yang dinilai menjadi salah satu faktor penduduk miskin mengalami peningkatan konsumsi pulsa HP.

Mereka menggunakan pendapatan dari pekerjaannya untuk memenuhi kebutuhan pulsa, sebab kebutuhan dasar tadi telah terbantu.

Jika melihat beberapa hal tadi, maka memang tidak dapat dipungkiri bahwa ada peningkatan pemakaian pulsa hp pada penduduk miskin. Tentunya hal ini harus disikapi dengan bijak agar tidak terjadi dampak lain bagi kehidupan. Pemerintah sedang berupaya dengan memberikan berbagai kebijakan dalam rangka mengurangi angka kemiskinan di Indonesia.