Siapa yang tidak ingin mendapatkan keringanan tagihan listrik apalagi di masa pandemi saat ini? Bagi para pekerja informal terutama harian, kebutuhan terasa semakin mencekik karena mereka tidak bisa bekerja seperti biasanya. Tanpa penghasilan, mereka kesulitan membayar tagihan bulanan termasuk listrik, air dan juga kontrakan. Untungnya pemerintah cukup sigap mengenai hal ini, sehingga dikeluarkannya kebijakan mengenai pembebasan tagihan listrik untuk 450 Volt dan diskon 50% untuk 900 VA.

Benarkah Listrik Gratis Mulai April

Cara dapat listrik gratis dan berdiskon

Kebijakan keringanan tarif listrik diumumkan oleh Presiden pada akhir bulan Maret untuk sekitar 31 juta pelanggan. Dana yang telah disiapkan senilai Rp 3,5 triliun untuk tiga bulan, yaitu April, Mei dan Juni 2020. Kemudian, anggaran tersebut dibagi kepada 24 juta pelanggan 450 VA dan 7 juta pelanggan 900 VA bersubsidi.

Bagaimana cara mendapatkan layanan gratis tarif listrik? Berikut mekanisme yang dijelaskan oleh Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Rida Mulyana:

  • Pengguna daya 450 VA reguler atau pascabayar (pakai dulu baru bayar) tidak perlu membayar tagihan selama 3 bulan berturut-turut. Jadi, nilai tagihannya Rp 0.
  • Pengguna daya 450 VA prabayar atau dengan token, maka akan memperoleh token gratis yang nilainya sama dengan pemakaian tertinggi dalam tiga bulan terakhir. Kebijakan ini diambil setelah mempertimbangkan profil pelanggan dengan tingkat konsumsi berbeda-beda.
  • Pelanggan daya 900 VA reguler akan memperoleh potongan tarif senilai 50% dari biaya pemakaian dan biaya beban yang dibayarkan setiap bulannya dari April hingga Juni.
  • Pengguna 900 VA prabayar juga menerima diskon sebesar 50% tetapi dalam bentuk token.

Poin yang harus diperhatikan dalam pemberian diskon 50% kepada pengguna daya 900VA adalah mereka yang masuk dalam golongan pelanggan bersubsidi, bukan Rumah Tangga Mampu (RTM).

Bagaimana cara memperoleh keringanan tarif listrik?

Bagi pengguna listrik prabayar, cara mendapatkan token gratis dan berdiskon adalah:

1. Melalui website

  • Buka www.pln.co.id untuk masuk ke menu pelanggan dan pilih stimulus covid-19
  • Masukkan nomor meter / ID pelanggan dan token gratis akan muncul di layar
  • Gunakan token tersebut di meteran untuk mengaktifkan daya

2. Melalui aplikasi Whatsapp

  • Buka WhatsApp
  • Kirim chat ke nomor 08122-123-123 dan ikuti petunjuknya, termasuk memasukkan nomor ID pelanggan
  • Token gratis akan muncul di chat
  • Masukkan token tersebut di meteran

Bagi pengguna listrik pascabayar, akan dapat melihat potongan yang diberikan (daya 900VA) pada saat membayar tagihan.

Proses pendataan profil pengguna yang berhak atas layanan listrik gratis dan diskon saat ini sedang berjalan. Sebagian sudah mulai dibagikan, secara bertahap akan diberikan hingga paling lambat 11 April 2020. Kalau Anda salah satu yang sesuai kriteria penerima kebijakan, segera cek situs resmi PLN atau kirim chat ke nomor Whatsapp yang tertera di atas.