Diabetes merupakan jenis penyakit yang disebabkan kandungan gula darah berlebihan. Penyakit ini pun diketahui mampu diturunkan segala genetik. Sehingga ketika seorang ayah menderita penyakit ini, maka besar kemungkinan anaknya pun akan menderita penyakit yang sama.

Selain itu, penderita diabetes pun harus menyesuaikan jenis makanan yang dikonsumsinya. Sebab jika salah konsumsi maka akan dapat memperburuk keadaan penyakit. Mengingat saat ini sedang melaksanakan ibadah puasa ramadhan, maka berikut ini akan dibagikan beberapa tips melaksanakan sahur dan berbuka bagi penderita diabetes.

Begini Cara Sahur dan Buka yang Aman untuk Penderita Diabetes

Tips Sahur dan Buka Puasa yang Aman Bagi Penderita Diabetes

Sahur dan berbuka memang menjadi rutinitas di saat melaksanakan ibadah puasa di bulan suci ramadhan. Biasanya ketika melaksanakan sahur dan berbuka, kita akan mengonsumsi berbagai jenis makanan dan terkadang tidak menghiraukan kesehatan diri. Tentunya hal ini tidak boleh dibiasakan, sebab akan sangat berisiko, terlebih bagi penderita diabetes.

Penderita diabetes harus memperhatikan betul jenis makanan yang dikonsumsi di saat berbuka dan sahur. Sebab jika salah, maka akan memperburuk keadaan penyakitnya. Berikut ini beberapa tips berbuka dan sahur yang aman bagi penderita diabetes.

1. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Tentunya kita semua telah mengetahui bahwa sebagian besar tubuh terdiri atas cairan, bahkan hampir 70% dari penyusun tubuh tersebut.

Oleh karenanya sangat dianjurkan agar ketika berpuasa kita mengkonsumsi dalam jumlah yang banyak untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang di saat berpuasa.

Selain itu, mengkonsumsi air putih secara cukup dapat membantu mengontrol kadar gula di dalam darah, sehingga sangat baik bagi penderita diabetes.

2. Mengonsumsi Makanan Tidak Berlebihan

Selain memperhatikan konsumsi air, penderita diabetes juga dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dalam porsi yang tidak berlebihan. Hal ini dilakukan baik ketika berbuka maupun ketika sahur. Sebab segala sesuatu yang berlebih sangat tidak baik bagi tubuh.

3. Hindari Jenis Makanan yang Manis

Barangkali sudah menjadi rahasia umum, bahwa penderita diabetes sangat tidak dianjurkan untuk mengonsumsi jenis makanan dengan kadar gula tinggi (manis).

Sebab makanan yang demikian akan memperburuk kondisi penyakitnya. Jika memungkinkan beralihlah kepada jenis makanan yang aman, seperti beras merah maupun menggunakan gula khusus diabetes.

4. Menghindari Gorengan

Tips lainnya yang juga penting untuk diperhatikan bagi penderita diabetes adalah menghindari gorengan. Biasanya ketika berbuka, kita akan lebih dahulu mengonsumsi makanan ringan, seperti gorengan.

Namun khusus penderita diabetes sebaiknya hindari gorengan, sebab dikhawatirkan dapat mempengaruhi kondisi penyakit yang diderita. Terlebih lagi gorengan mengandung lemak jahat yang dapat memicu penyakit jantung.

Demikianlah beberapa tips berbuka dan sahur yang dapat diperhatikan bagi para penderita diabetes. Mari kita tetap menjaga kesehatan sambil istiqomah melaksanakan ibadah puasa di bulan suci ramadhan ini.