Supaya masyarakat tetap dapat beraktivitas dengan normal dan tidak mematikan perekonomian, maka pemerintah sejak beberapa bulan lalu menggagar era new normal. Kebijakan ini akan membantu masyarakat tetap aman dari Covid-19 sekaligus tetap bisa beraktivitas normal, sehingga perekonomian tidak mati suri.

Aturan New Normal yang Wajib Dipatuhi

Aturan di Dalam New Normal

Sebagai kebijakan baru yang dianggap dan diharapkan sebagai titik tengah untuk mencegah kematian sistem perekonomian dan juga aspek kesehatan. Maka new normal kemudian diwarnai dengan sejumlah aturan ketat dan berkaitan erat dengan protokol kesehatan Covid-19 atau virus corona. Berikut sejumlah aturan yang dimaksudkan:

1. Mencuci Tangan

Aturan pertama adalah rajin mencuci tangan, yakni di bawah air mengalir dan menggunakan sabun selama minimal 20 detik. Aturan ini nantinya akan diterapkan di semua bidang, sehingga tidak perlu heran ada banyak tempat umum disediakan area khusus mencuci tangan.

2. Tidak Menyentuh Area Wajah

Menyentuh wajah diketahui meningkatkan resiko masuknya virus corona ke dalam tubuh yang berhasil menempel di telapak tangan. Maka masyarakat dihimbau untuk tidak menyentuh wajah khususnya di area hidung, mata, dan juga mulut.

3. Menerapkan Etika Saat Batuk dan Bersin

Bersin dan batuk bisa dipicu oleh banyak hal dan bisa jadi akan dialami di tempat umum. Mengingat penularan virus corona melalui droplet maka perlu menerapkan etika saat batuk dan bersin, yakni dengan memalingkan wajah dan menutupnya dengan siku.

4. Wajib Memakai Masker

Selama era new normal masyarakat juga diwajibkan untuk memakai masker, jika memungkinkan memakai masker medis. Namun karena langka dan harganya masih mahal sejak pandemi merebak maka bisa diganti dengan masker kain minimal dua lapis.

5. Menjaga Jarak

Menjaga jarak juga menjadi solusi untuk mencegah penularan virus corona, maka diwajibkan tetap menjaga jarak selama new normal. Supaya masyarakat bisa tetap beraktivitas dan tidak tertular oleh virus mematikan tersebut.

6. Melakukan isolasi Mandiri

Khusus untuk siapa saja yang merasa kurang sehat atau mungkin merasa mengalami gejala Covid-19. Maka dianjurkan dan bahkan diwajibkan untuk melakukan isolasi mandiri di rumah paling tidak selama 14 hari.

7. Menjaga Kesehatan

Masyarakat juga wajib menjaga kesehatan untuk meningkatkan daya tahan tubuh supaya aman dari Covid-19. Dimulai dengan istirahat atau tidur yang cukup, makan makanan bergizi dan sehat, dan juga berolahraga sekaligus berjemur secara teratur. Tujuannya agar daya tahan tubuh kuat sehingga tidak mudah terinfeksi oleh virus corona.

Hidup sehat dan terhindar dari resiko penularan virus corona selama era new normal sangat mungkin untuk dicapai jika menerapkan aturan kesehatan di atas. Sehingga masyarakat perlu patuh dan disiplin terhadap apa yang disampaikan pemerintah maupun pihak lainnya. Sehingga bisa tetap beraktivitas sebagaimana mestinya dan tidak menyumbang pertambahan kasus baru dari Covid-19.