Untuk pengguna gadget pasti sudah sangat familiar dengan yang namanya paket data internet. Biasanya saat Anda akan membeli paket internet akan bertemu dengan kata-kata quota. Nah apakah makna dari quota tersebut? Semua provider komunikasi memberikan quota internet yang berbeda yang bisa digunakan oleh konsumen sesuai dengan harganya. Ada yang membeli paket internet dengan quota 36GB, 3GB, 2GB dan lainnya. Setiap operator memiliki kebijakan masing-masing mengenai hal tersebut. Untuk yang belum paham, quota sendiri maksudnya adalah batasan atau jumlah yang ditentukan. Misalnya saja Anda membeli quota internet sebesar 36GB maka setelah quota tersebut habis Anda tidak akan lagi bisa menggunakan fasilitas tersebut sampai mengisi ulang kembali.

Nah, saat ini provider memiliki 2 jenis paket yaitu paket internet unlimited dan paket data dengan quota. Untuk yang membeli paket unlimited maka Anda bisa tetap menggunakan fasilitas internet selama 1 bulan penuh sampai dengan tanggal yang ditentukan selama 30 hari. Jika quota sudah mendekati habis maka speed internet hanya akan menurun saja. Namun jika menggunakan dengan system quota maka ketika quota yang Anda beli sudah digunakan semua maka Anda secara otomatis akan terputus. Biasanya tentu saja akan ada warning information ketika Anda menggunakan data terlalu banyak atau ketika paket sudah akan mendekati batasan limit. Untuk setiap operator sendiri menyediakan paket quota mulai dari hitungan MB hingga kapasitas GB.

Nah, untuk jenis quota sendiri tersedia dalam beberapa pilihan yaitu quota regular selama 24 jam, quota bonus, quota umum, quota khusus download dan jenis lainnya. Jika Anda membeli paket internet maka pastikan bertanya mengenai jenis paket yang Anda akan gunakan nantinya. Jika Anda membeli quota umum maka bisa digunakan untuk segala macam jenis kebutuhan seperti bermain social media, hingga download game dan sebagainya. Sedangkan untuk quota bonus adalah quota yang akan Anda dapatkan ketika sudah memenuhi persyaratan khusus. Quota regular juga sama dengan jenis quota umum yang bisa dipakai untuk semua kebutuhan. Untuk quota malam hanya bisa dipakai untuk malam hari biasanya setelah jam 12 malam. Sedangkan quota download hanya khusus digunakan untuk download file tertentu.

Untuk yang tidak ingin repot bisa membeli paket data unlimited namun dengan jumlah quota yang besar sehingga mencukupi kebutuhan internet Anda. Kecuali jika memang tidak masalah untuk Anda kehabisan quota tengah malam lalu bisa mencari dimana saja. Saat ini membeli kebutuhan data internet memang sangat mudah karena bisa dilakukan secara online. Harganya pun sangat bervariasi sehingga bisa disesuaikan dengan isi kantong Anda. Jangan ragu untuk membeli paket internet yang sedang promo karena tentu saja akan lebih menguntungkan bukan?