Mendengar Raja Arab Saudi tentunya sudah tidak asing lagi ditelinga, sebab salah satu raja terkaya di dunia ini pun sempat mampir dan bermalam di Indonesia. Nama dari Raja Salman, begitu panggilan akrabnya juga telah memberikan komentarnya atas ramadhan yang harus dilalui ditengah pandemi corona saat ini. Pasalnya virus corona itu pun kini telah berhasil menulari warga di Arab Saudi. Lantas apa kata Raja Salman tentang ramadhan dan corona saat ini?

Apa Kata Raja Arab Saudi Seputar Ramadhan dan Corona

Menyakitkan, Tapi Tindakan Pencegahan Perlu Demi Keselamatan

Sebagaimana dikutip dari salah satu laman media masa, Raja Arab Saudi memberikan ucapan selamat atas datangnya bulan suci Ramadhan bagi seluruh umat muslim. Tentunya hal itu menjadi suatu kesempatan yang patut disyukuri. Sebab tidak banyak orang yang dapat memiliki kesempatan untuk berjumpa dengan bulan suci di tahun ini. Oleh sebab itu, sudah seharusnya ketika mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT. atas segala nikmat yang telah diberikan-Nya.

Raja Salman juga menyadari bahwa kondisi ramadhan saat ini memang sedikit berbeda dengan ramadhan di tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya umat muslim harus tetap beribadah di tengah perjuangannya dalam melawan penyebaran virus corona. Melalui ungkapannya, raja Salman menjelaskan bahwa hal itu sangat menyakitkan bagi dirinya dalam menyambut ramadhan seperti sekarang. Sebab ada batasan tersendiri bagi muslim dalam menunaikan ibadah di bulan suci.

Misalnya kegiatan tarawih yang dulunya dapat dengan hikmat dan nikmat diselenggarakan secara berjamaah, namun kini tidak dapat dilakukan. Muslim diminta untuk menunaikan shalat tarawih secara individual maupun berjamaah di rumah. Selain itu, adanya penyebaran virus corona ini juga membuat sejumlah kegiatan keagamaan lainnya juga ikuti dibatasi. Hal itu dianggap penting untuk dilakukan demi keselamatan umat islam dari penyebaran virus corona yang terus bertambah jumlah kasusnya hingga hari ini.

Di sisi lain Raja Salman pun juga menghaturkan ribuan terima kasih kepada seluruh petugas yang terlibat dalam penanganan kasus corona ini. Mulai dari aparat keamanan maupun petugas medis yang telah melakukan berbagai upaya pencegahan dan penanganan kasus. Raja Salman juga berharap agar setiap masyarakat dapat mematuhi segala ketentuan yang telah dikeluarkan pemerintah. Sebab hal itu berkaitan dengan keselamatan dan keamanan mereka semua.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka dapat dipahami bahwa Raja Arab Saudi pun turut merasakan kesedihan atas wabah corona yang masih terjadi hingga di bulan Ramadhan ini. Banyak diantara kegiatan keagamaan yang harus dibatasi. Namun hal itu penting untuk dipatuhi agar penyebaran virus tidak semakin meluas.

Sementara itu, bagi kita yang berada di tanah air (Indonesia), sudah seharusnya ikut serta dan aktif dalam penanganan virus corona ini. Caranya kita harus mematuhi segala kebijakan pemerintah, maupun turut serta dalam memberikan donasi bagi penanganan kasus corona di tanah air. Kemudian jangan lupa pula untuk senantiasa berdoa agar penyebaran virus ini dapat segera berlalu.