Pernahkah mendengar istilah kabel HDMI? Kabel ini merupakan komponen yang jamak dijumpai untuk Anda yang rutin atau sering menggunakan perangkat komputer. Bisa pula digunakan pada perangkat elektronik jenis lain yang melibatkan unsur audio dan video.

Pengertian Kabel HDMI dan Juga Fungsinya Secara Umum

Apa Itu Kabel HDMI?

Bagi Anda yang masih belum familiar dengan komponen bernama kabel HDMI ini maka bisa mengenali definisinya terlebih dahulu. Kabel HDMI sendiri merupakan kabel tunggal yang menjadi konektor antara perangkat satu dengan perangkat lainnya. Jika Anda ingin menonton video dari DVD player maka akan memakai kabel audio dan video, supaya video terlihat jelas dan bersuara.

Kabel di DVD player ini akan dihubungkan ke soket yang sudah tersedia di kedua jenis perangkat. Hal serupa juga berlaku untuk kabel HDMI, hanya saja kabelnya tunggal alias hanya satu kabel saja dan sudah mencakup audio dan video. Paling sering digunakan adalah untuk menghubungkan laptop atau PC ke layar televisi.

Fungsi Kabel HDMI Secara Umum

Fungsi utama dan umum dari kabel HDMI ini adalah untuk menghubungkan dua perangkat, sekaligus membaca audio dan video kedua perangkat tersebut. Sehingga pada saat ingin menonton sebuah video memakai kabel HDMI dijamin praktis karena hanya terdiri dari satu kabel. Kualitas gambar atau videonya pun jauh lebih baik dibanding konektor konvensional.

Kelebihan yang Dimiliki

Meskipun untuk menghubungkan audio dan video antara dua perangkat tidak hanya bisa dengan kabel HDMI. Namun penggunaanya jamak dijumpai karena konektor satu ini punya beberapa kelebihan berikut:

1. Sifatnya Digital

Sifat konektor bernama kabel HDMI ini adalah digital sehingga tidak akan terpengaruh oleh kondisi sinyal maupun yang lainnya. Otomatis penggunaannya akan menghasilkan video yang jernih dan audio yang jelas.

2. Transfer Data Lebih Cepat

Transfer data dengan kabel HDMI memiliki kecepatan 10.2 GB per detik, yang membuatnya mampu menghasilkan gambar dan suara yang baik. Kenyamanan menikmati video pun menjadi lebih maksimal.

3. Membangun Komunikasi Dua Arah

Konektor HDMI memungkinkan komunikasi dua arah dari dua perangkat yang dihubungkan. Anda tak hanya bisa mengatur satu perangkat saja namun keduanya, supaya menghasilkan video dan suara yang terbaik.

4. Kabel Tunggal Sehingga Rapi dan Praktis

Kabel HDMI adalah kabel tunggal, sehingga hanya ada satu helai kabel yang menghubungkan audio dan video antara dua perangkat berbeda. Penggunaannya pun menjadi praktis, minim kesalahan pasang soket. Selain itu juga lebih rapi, sehingga saat menonton video tidak terganggu dengan pemandangan kabel yang berantakan.

Kabel HDMI menjadi salah satu komponen yang banyak digunakan untuk memaksimalkan pengaman menonton video menarik dari Youtube maupun player lainnya. Berhubung kelebihan kabel konektor ini beragam, tidak ada salahnya Anda memakainya.