Apakah pernah mendapati tagihan listrik bulanan di rumah lebih membengkak dari bulan sebelumnya? Bisa jadi kondisi semacam ini sering dialami, dan terjadi tanpa adanya kebijakan dari PLN untuk meningkatkan biaya jasa listrik. Jika terjadi demikian maka perlu melakukan evaluasi pada pemakaian listrik harian Anda di rumah.

8 Kebiasaan Sepele yang Menyebabkan Tagihan Listrik Membengkak

Penyebab Tagihan Listrik Mendadak Membengkak

Tagihan listrik memang sangat mungkin untuk tidak stabil setiap bulannya, selama tidak melonjak drastis dijamin merasa baik-baik saja. Namun, jika lonjakannya cukup tinggi dan tidak memiliki persiapan menghadapinya. Ada baiknya mulai melakukan evaluasi pemakaian listrik, sebab ada beberapa kebiasaan sepele yang justru membuat tagihan membengkak.

Berikut adalah beberapa hal yang seringkali menjadi penyebab tagihan listrik di rumah membengkak:

1. Lupa Mencabut Colokan Listrik

Anda sering membiarkan colokan listrik di saklar? Jika terlalu sering dilakukan maka jangan heran jika tagihan listrik naik. Sebab colokan listrik yang masih menempel di saklar ternyata dalam kondisi mengkonsumsi listrik sekalipun tombol elektronik tidak dinyalakan.

2. Lampu Dibiarkan Menyala

Kebiasaan sepele berikutnya yang bisa membuat tagihan listrik di rumah naik adalah soal pemakaian lampu. Terbiasa menyalakan lampu di ruangan yang tidak ditempati atau bahkan saat siang hari. Ternyata berkontribusi besar dalam meningkatkan tagihan bulanan.

3. Salah Pilih Lampu dan Perangkat Elektronik

Zaman sudah modern, demi membantu penduduk di muka bumi menghemat konsumsi energi berbagai inovasi dilakukan. Salah satunya terkait perangkat elektronik yang kini dibuat hemat listrik. Pastikan Anda memakainya, misalnya saja lebih memilih lampu dan TV LED dibanding jenis lainnya.

4. Menyetrika Baju Terlalu Sering

Baju yang rapi akan membuat penampilan lebih menarik dan profesional, maka perlu disetrika. Saat menyetrika pastikan dalam jumlah banyak sekaligus jangan sedikit demi sedikit. Sebab konsumsi listrik dari setrika yang baru dinyalakan lebih besar dibanding saat sudah dipakai beberapa menit berikutnya.

5. TV Menyala Sementara Ditinggal Tidur 

Menonton TV menjelang tidur memang menyenangkan, karena bisa membantu tidur lebih nyenyak dan nyaman. Namun jika sudah mengantuk pastikan mematikan TV tersebut. Jika dibiarkan menyala padahal sudah tidur bahkan sampai pagi, alhasil tagihan listrik meroket.

6. Sering Membuka Tutup Kulkas

Kulkas adalah elektronik yang super bermanfaat di sebuah rumah tangga, hanya saja pemakaian yang kurang tepat berpotensi meningkatkan tagihan listrik. Misalnya saja terlalu sering membuka tutup kulkas, sehingga konsumsi listriknya lebih besar.

7. Memakai Pengering Mesin Cuci Terlalu Sering

Mencuci dengan mesin memang praktis dan hemat tenaga, namun agar hemat listrik. Usahakan tidak memakai fitur pengering, biarkan baju kering secara alami saja.

8. Setting Suhu AC Terlalu Rendah

Memakai AC di rumah? Supaya tagihan tidak membengkak atur suhu AC dengan tepat. Jangan mensetting suhu dibawah 22 derajat karena konsumsi daya listriknya jauh lebih boros.

Bijak dan cerdas dalam memanfaatkan energi listrik akan membantu mengatur tagihan bulanan sehemat mungkin. Mulailah dengan menghindari beberapa kebiasaan sepele di atas, sehingga tagihan listrik bisa dikontrol.