Bisnis online digadang-gadang sebagai bisnis yang kekal dan terus berkembang, sehingga tidak rugi rasanya jika menjajal peruntungan di bisnis satu ini. Apapun saat ini bisa dijadikan sebagai bisnis online, mulai dari makanan ringan sampai produk-produk lucu asal luar negeri.

Besarnya peluang untuk sukses di bisnis online membuatnya semakin menarik untuk segera dimulai. Hanya saja bagaimana memulai bisnis online dengan baik dan benar?

8 Cara Terbaik untuk Memulai Bisnis Online agar Sukses

Cara Memulai Bisnis Online

Membantu Anda untuk mampu memiliki bisnis online yang kuat dan memberi profit yang besar. Maka perlu dimulai dengan langkah yang tepat, dan berikut detail cara memulainya:

1. Melakukan Riset

Langkah pertama adalah melakukan riset, seperti mencari tahu produk atau jasa seperti apa yang dibutuhkan dan dicari masyarakat. Sekaligus yang memang mungkin untuk dijual dan dipasarkan secara online.

2. Menentukan Produk

Setelah riset maka bisa memiliki daftar produk yang ideal dijadikan bisnis online yang kuat dan menguntungkan. Maka pilih satu atau beberapa dari produk yang saling terkait untuk bisnis Anda.

3. Menentukan Sistem Penjualan

Berikutnya adalah menentukan sistem penjualan, misalnya saja menentukan apakah menjadi reseller yang menyetok produk atau dropshipper yang tidak perlu menyetok. Selain itu bisa pula memakai sistem ready stock atau harus PO terlebih dahulu, pastikan memilih yang memang dirasa cocok dan menekan resiko kerugian.

4. Membangun Website

Jika bisnis online dimulai dengan modal terbatas mungkin masih aman memakai sistem dropship. Namun jika modal sudah terkumpul usahakan membangun website sendiri karena akan lebih terpercaya dan profesional.

5. Membangun Jaringan di Media Sosial

Memiliki website membantu membangun kepercayaan publik, namun jangkauannya terbatas. Maka dianjurkan untuk membangun toko online di sosial media yang memudahkan Anda menjangkau lebih banyak konsumen. Khususnya untuk penggunaan media sosial populer yang jumlah penggunanya sangat tinggi.

6. Memperluas Pasar Lewat Marketplace

Mengandalkan website dan media sosial saja terkadang tidak cukup menjaring pembeli. Maka dianjurkan untuk memperluas pasar lewat marketplace populer yang sangat efektif menggaet pembeli. Misalnya saja lewat Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Blibli, dan sejenisnya.

7. Buat Rekening Khusus Bisnis

Kebanyakan pelaku bisnis online mencampurkan rekening dana pribadi dengan rekening bisnis. Langkah ini ternyata keliru karena menyulitkan Anda untuk mengetahui seberapa besar keuntungan penjualan dari bisnis online. Maka siapkan rekening berbeda, agar pengelolaannya lebih mudah dan profesional.

8. Mencari Asisten Jika Memang Butuh

Jika memang dibutuhkan Anda bisa mencari asisten untuk bisnis online yang ditekuni. Bisa dicari saat bisnis masih awal dirintis dan bisa pula ketika sudah berkembang besar. Asisten akan membantu mengelola website, akun media sosial, marketplace, dan sebagainya sehingga pengelolaan bisnis menjadi lebih mudah.

Memulai bisnis online dengan benar akan sangat membantu Anda untuk sukses, jadi jangan ragu mencoba berbagai cara yang disampaikan di atas. Selain itu penting pula untuk fokus dalam mengelola bisnis supaya lebih cepat tumbuh dan berkembang.