Sebagai mahasiswa yang merantau atau mungkin berangkat dari keluarga dengan kondisi perekonomian yang kurang bagus. Maka memerlukan penghasilan untuk bisa kuliah dengan nyaman tanpa resiko biaya kuliah menunggak atau untuk menghindari penumpukan tagihan uang kost. Salah satu solusinya adalah dengan menjalankan usaha sampingan.

7 Usaha Sampingan yang Bisa Dijalankan oleh Para Mahasiswa

Usaha Sampingan yang Tepat untuk Mahasiswa

Ada banyak mahasiswa yang menekuni usaha sampingan selama kuliah, dan alasannya beragam. Ada yang sekedar ingin punya uang jajan, ada juga yang ingin memakai penghasilannya untuk membayar uang kost maupun biaya kuliah. Apapun alasannya, menekuni usaha sampingan memberi ilmu maupun pengalaman dan keterampilan yang bermanfaat di masa mendatang.

Namun, karena mahasiswa juga disibukkan dengan tugas kuliah dan kewajiban khas mahasiswa lainnya. Maka perlu memilih usaha sampingan yang tepat. Berikut beberapa rekomendasinya:

1. YouTuber

Usaha pertama adalah menjadi YouTuber, sehingga menjadi content creator dalam bentuk video atau vlog. Usaha ini menjanjikan, selama ditekuni dan membangun ciri khas. Sudah ada banyak mahasiswa yang sukses menjadi YouTuber, mungkin Anda berikutnya.

2. Jualan Online

Jualan online juga ideal dijalankan oleh para mahasiswa, karena mudah dan modalnya murah. Jika ingin meminimalkan resiko maka bisa menjadi dropshipper, sehingga tidak perlu menyetok dagangan terlalu banyak.

3. Guru Les

Ingin atau bisa mengajar? Atau mungkin Anda cenderung suka anak-anak? Maka selama kuliah bisa membuka jasa guru les baik secara privat maupun tidak. Jenis mata pelajaran yang diajarkan bisa dari program studi yang diambil atau dari keahlian yang dimiliki.

4. Jasa Konten Artikel

Suka menulis dan juga punya keahlian dalam hal pemasaran digital melalui website? Maka bisa membuka jasa konten artikel. Sehingga bisa menerima pesanan artikel untuk website dengan teknik SEO. Penghasilannya lumayan dan jasa semacam ini tengah dibutuhkan banyak perusahaan.

5. Usaha Pulsa

Jualan pulsa elektrik dari semua operator juga menjadi usaha sampingan yang ideal untuk mahasiswa. Sebab bisa berjualan pulsa di waktu luang antara jam-jam sibuk kuliah. Penghasilannya lumayan dan pangsa pasarnya luas sehingga tepat untuk dicoba.

6. Jasa Fotografer dan Videografer

Punya keahlian dengan perangkat kamera? Maka bisa membuka jasa fotografer maupun videografer dan keduanya. Sehingga bisa melayani kebutuhan dokumentasi dari para pengantin baru. Usaha ini menarik dan cocok untuk mahasiswa.

7. Jasa Desain Grafis

Khusus untuk mahasiswa desain, tentu memiliki keahlian untuk menggunakan aplikasi desain seperti Corel Draw. Silahkan menekuni bisnis desain grafis, dimulai dari penyediaan jasa desain pembuatan kartu nama, undangan, dan sebagainya. Jika sudah berkembang maka bisa sekaligus menyediakan jasa cetaknya.

Penjelasan di atas memberi informasi bahwa ada banyak usaha sampingan bisa ditekuni oleh kalangan mahasiswa. Silahkan memilih yang sesuai dengan minat maupun keahlian, sekaligus sektor modal. Selamat mencoba.