Saat hari raya Idul Fitri tiba maka seluruh umat muslim di dunia akan saling bersilaturahmi dan saling bermaaf-maafan. Kegiatan ini ternyata bukan hanya sekedar tradisi melainkan menjadi sebuah amalan yang bernilai pahala tinggi. Tidak sedikit yang awalnya memiliki hubungan renggang dan tegang, bisa kembali membaik di momen tersebut. Selain itu, ternyata saling memaafkan juga memberi lebih banyak manfaat. Berikut penjelasannya.

7 Manfaat Memberi Maaf di Hari Lebaran

Manfaat Memberi Maaf di Momen Lebaran

Sains ternyata juga membuktikan bahwa saling memberi maaf di hari raya Idul Fitri memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Beberapa diantaranya adalah:

1. Meredakan Kondisi Stress

Memberikan maaf kepada orang lain di hari raya Idul Fitri rupanya akan memberikan ketenangan. Kondisi ini akan menurunkan kadar hormon kortisol yang disinyalir menjadi penyebab stress. Sehingga dengan memberi maaf maka pelakunya bisa terhindar atau lepas dari stress.

2. Menurunkan Berat Badan

Sering stress dan melampiaskannya pada makanan? Maka dengan memberi maaf di hari raya artinya Anda sudah berhasil menghindari stress. Ketenangan batin yang dirasakan akan meredakan keinginan untuk makan berlebih di hari raya. Sehingga bisa memberi kemudahan untuk menurunkan berat badan.

3. Memperpanjang Usia

Melalui salah satu jurnal penelitian yang dimuat di dalam Journal of Psychophysiology dijelaskan, bahwa memberi maaf membantu memperpanjang usia. Dikatakan demikian karena sebuah penelitian menunjukan bahwa memberi maaf bisa melapangkan hati dan menenangkan pikiran, sehingga cenderung membuat pelakunya panjang umur.

4. Meningkatkan Rasa Empati

Memilih untuk memaafkan berbagai kesalahan orang lain pada diri sendiri juga bermanfaat untuk meningkatkan dan menumbuhkan rasa empati. Sehingga bisa meningkatkan kesadaran akan rasa sakit dan penderitaan yang dialami orang sekitar. Sehingga bisa menjadi pribadi yang lebih ringan tangan untuk mengulurkan bantuan pada orang lain.

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Berbagai penelitian menunjukan bahwa dengan memberi maaf maka bisa menurunkan hormon kortisol. Tidak hanya efektif meredakan stress namun juga meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga tidak mudah sakit.

6. Menyehatkan Jantung

Seseorang yang tengah marah atau menyimpan dendam biasanya akan bermasalah dengan tekanan darah tinggi. Sebab saat marah maka aliran darah menjadi tidak stabil, dan meningkatkan tekanan darah. Sehingga menurunkan kesehatan jantung, mencegahnya maka bisa saling memaafkan atau memberi maaf.

7. Meredakan Nyeri

Penelitian yang dilakukan di Duke University Medical Center, di Amerika Serikat diketahui bahwa memberi maaf bisa meredakan nyeri. Hal ini disimpulkan melalui penelitian yang melibatkan sejumlah orang dengan kondisi nyeri punggung. Setelah memberikan maaf, rasa nyeri di punggung berkurang secara signifikan.

Memberi maaf di hari lebaran ternyata bisa memberi banyak manfaat bagi kesehatan, hanya saja memaafkan kesalahan orang lain bukan perkara mudah. Sama sulitnya untuk meminta maaf duluan, namun tidak akan rugi melapangkan hati untuk melakukannya.