Windows 10 merupakan salah satu produk sistem operasi yang sukses di pasaran dan digunakan oleh banyak pengguna komputer di dunia. Anda tentu juga memakainya sebagai versi terbaru dan terbaik setelah Windows 7 yang rilis beberapa tahun di belakang.

Meskipun Windows 10 menjadi sistem operasi sejuta umat, namun tidak semua orang bisa menginstalnya sendiri. Berikut panduannya.

7 Langkah Menginstal Windows 10 Menggunakan Flashdisk

Cara Instal Windows 10 Lewat Flashdisk

Berikut adalah langkah-langkah atau tata cara menginstal Windows 10 di komputer namun menggunakan flashdisk:

1. Instal Rufus

Menginstal Windows 10 lewat flashdisk bisa dilakukan dengan banyak cara, salah satunya dengan menggunakan Rufus. Maka langkah pertama adalah mengunduh Rufus dan kemudian diinstal ke perangkat komputer. Tidak terlupa Anda juga perlu mengunduh mentahan Windows 10.

2. Buka Rufus

Setelah Rufus maupun mentahan Windows 10 sudah terunduh maka bisa dipindahkan ke folder yang sekiranya mudah untuk dijangkau selama proses instalasi. Langkah selanjutnya adalah membuka Rufus sampai benar-benar terbuka dan fiturnya bisa dijalankan.

3. Pilih File Mentahan Windows 10

Buka jendela Rufus kemudian pilih menu “Select” lalu cari mentahan Windows 10 yang tadi disimpan di folder khusus. Klik “Open” untuk memilih mentahan Windows 10 tersebut.

4. Mengatur Driver Properties

Selanjutnya adalah melakukan pengaturan di Driver Properties. Detailnya adalah “Image Option:Standard Windows Installation”, “Partition Scheme: GPT”, “dan untuk “Target System: UEFI (Non CSM).

5. Mengatur Format Option

Berikutnya bisa melakukan pengaturan untuk Format Option, detailnya adalah “Volume Label: Tidak Perlu Diganti”, “File System: FAT32”, “Cluster Size: Default”.

6. Proses Pembuatan Bootable

Apabila semua pengaturan di atas sudah selesai dilakukan maka tinggal klik tombol “Start”. Rufus akan mengirimkan peringatan supaya format flashdisk diatur terlebih dahulu dan jika sudah maka tekan tombol “OK”. Tunggu hingga proses pembuatan flashdisk bootable selesai dilakukan oleh sistem.

7. Flashdisk Bootable Siap Digunakan

Apabila proses bootable selesai maka akan ada indikator lampu berwarna hijau dan terdapat pilihan tombol “READY” di bagian bawah, silahkan di klik untuk ke proses berikutnya. Klik tombol “Close” lalu eject flashdisk yang tadi dihubungkan ke komputer.

8. Lakukan Instalasi Windows 10

Langkah terakhir adalah melakukan instalasi Windows 10 yang tadi sudah tersimpan di flashdisk. Proses instalasinya sama seperti instalasi untuk aplikasi atau software pada umumnya.

Silahkan mengikuti instruksi dari jendela Windows yang muncul dan pilih Windows 10 untuk mengupgrade sistem operasi Windows di PC maupun laptop yang digunakan.

Setelah flashdisk siap digunakan, sebelum melakukan instalasi Windows 10 jangan sampai terlupa untuk restart komputer tersebut.

Hal ini bertujuan untuk memudahkan proses instalasi dan mencegah terjadinya masalah di tengah proses yang sedang berlangsung. Selain itu untuk menghindari berbagai kemungkinan lain yang kurang menguntungkan.