Semua pelaku usaha tentu berharap bisa sukses dengan usaha yang dijalankan. Ada banyak upaya kemudian dilakukan pelaku usaha tersebut, dan beberapa memang efektif. Namun beberapa lagi justru berdampak kurang menguntungkan. Hal ini memberi sentilan pada pelaku usaha lain agar teliti dalam menjalankan usaha, dan menghindari kesalahan umum para pelaku usaha.

7 Kesalahan Pengusaha yang Wajib Dihindari

Kesalahan Pelaku Usaha yang Harus Dihindari

Lalu, apa saja kesalahan umum yang dilakukan oleh para pelaku usaha tersebut? Ternyata ada beberapa, mayoritas dilakukan pelaku usaha pemula dan beberapa lagi oleh pelaku senior. Adapun kesalahan tersebut adalah sebagai berikut:

1. Tidak Memiliki Rencana

Setiap pelaku usaha tentu memiliki ide, ide brilian ini bisa untuk merintis usaha bisa pula untuk mengembangkannya. Hanya saja tidak sedikit pengusaha yang tidak menyusun rencana. Sehingga ide tersebut tidak bisa direalisasikan karena minim persiapan dan kesiapan untuk mewujudkannya.

2. Punya Ekspektasi Berlebihan

Memiliki ekspektasi untuk untung besar sah saja dilakukan, dan semua pelaku usaha djamin memilikinya. Namun, usahakan tetap realistis sehingga bisa menentukan kebutuhan modal sampai penentuan besarnya keuntungan dari produk dan jasa yang disediakan. Sehingga terhindar dari ekspektasi yang berlebihan namun kosong.

3. Manajemen Keuangan Kurang

Menekuni usaha wajib hukumnya untuk melek manajemen keuangan, paling tidak punya catatan arus kas. Jika memungkinkan bisa merekrut tenaga keuangan untuk menyusun laporan keuangan, mengurus pajak, dan lain-lain agar rapi dan profesional.

4. Tidak Fokus

Sebagai pengusaha tentu sempat mengalami penurunan fokus, terutama saat merintis usaha di bidang lain. Hal ini akan meningkatkan resiko salah satu atau semua usaha gagal di tengah jalan. Oleh sebab itu tetaplah fokus pada satu usaha, sekalipun merintis usaha baru maka kembangkan anak cabang saja.

5. Tidak Punya Tujuan

Setiap pelaku usaha wajib memiliki tujuan, dan akan menjadi motivasi untuk terus berjuang semaksimal mungkin. Jadi, bangun tujuan Anda dalam merintis sebuah bisnis dan usaha untuk mengejarnya.

6. Kurang Melakukan Pemasaran

Semua bisnis butuh pemasaran, baik itu produk maupun jasa. Jika kurang fokus dan mengabaikan kegiatan pemasaran maka usaha rentan gagal. Kesalahan ini ternyata sering dilakukan pelaku usaha. Sehingga Anda wajib menghindarinya, dengan memilih teknik pemasaran yang tepat dan kemudian dijalankan secara kontinyu.

7. Terlalu Santai

Menjalankan usaha tentu jangan sampai terlalu santai, karena usaha apapun dijamin menjadi aksi balap-balapan dengan kompetitor. Sehingga perlu kreatif dan selalu berinovasi agar tidak kalah saing. Hal ini penting dilakukan untuk selalu mendapatkan pangsa pasar yang luas. Sehingga usaha mampu bertahan dan kemudian terus berkembang menjadi lebih besar dari waktu ke waktu.

Kesalahan-kesalahan umum diatas tentu perlu dihindari, agar tidak menyesal dan mampu menjadi pelaku usaha yang sukses. Selamat mencoba.