Punya bisnis sendiri bisa jadi merupakan keinginan atau impian dari nyaris semua orang di dunia. Kepemilikan bisnis sendiri akan memberi pemasukan tambahan dan memberi kesempatan untuk sukses secara finansial dan Sekaligus memberi jaminan kegiatan bermanfaat ketika memasuki usia non produktif, alias pensiun.

7 Contoh Bisnis Modal Kecil yang Mudah untuk Dirintis

Contoh Bisnis dengan Modal Kecil

Umumnya kepemilikan usaha sendiri selalu dikaitkan dengan modal yang besar, sebab mendirikan usaha tidak cukup hanya mengandalkan modal satu dua Rupiah saja. Meskipun begitu, ada beberapa jenis bisnis yang termasuk ke dalam daftar bisnis modal kecil. Sehingga bisa dipertimbangkan, dan berikut beberapa bisnis tersebut:

1. Bisnis Jasa Laundry

Rekomendasi bisnis bermodal kecil pertama adalah bisnis laundry, sebab hanya membutuhkan mesin cuci dan setrika. Selebihnya merupakan perlengkapan pendukung seperti tali jemuran atau jemuran baju, meja setrika, dan sebagainya. Jika dihitung-hitung kebutuhan modalnya minim apalagi jika dijalankan di rumah sendiri, maka bisa mengandalkan perlengkapan rumah pribadi.

2. Bisnis Cuci Motor Maupun Mobil

Manfaatkan garasi atau halaman depan rumah untuk membuka jasa pencucian motor maupun mobil. Anda hanya cukup menyediakan selang air dan sampo untuk body kendaraan. Selebihnya hanya mengandalkan tenaga dan waktu, maka pemasukan akan lumayan apalagi pemilik kendaraan sudah sangat banyak.

3. Layanan Pembayaran Online

Transaksi online kini semakin diminati karena kepraktisan yang diberikan, seperti belanja online maupun pemesanan tiket online. Tagihan dari semua transaksi akan sangat banyak maka Anda bisa membuka loket untuk melayani pembayaran online tersebut.

4. Menjadi Reseller Produk

Minimnya modal bukan lagi halangan untuk punya bisnis sendiri, sebab bisa menekuni bisnis reseller. Artinya Anda cukup kulakan produk dalam jumlah terbatas dan siap dipasarkan. Sehingga tidak harus menyediakan banyak dengan resiko tidak laku sehingga bangkrut seketika.

5. Jualan Pulsa

Semua orang tentu akan mengaitkan bisnis modal ringan dengan bisnis pulsa, aktualnya memang demikian. Menjual pulsa tak memerlukan modal besar hanya puluhan sampai ratusan ribu saja. Prospeknya juga bagus karena pulsa dibutuhkan oleh semua pengguna handphone.

6. Jasa Pengetikan

Membuka jasa pengetikan juga membutuhkan modal sangat terbatas, yakni hanya perangkat untuk mengetik seperti PC ataupun laptop. Jasa ini cukup diminati khususnya di lokasi yang berdekatan dengan kampus.

7. Jasa Desain Grafis

Punya keahlian mendesain dengan aplikasi Corel Draw, Photoshop, dan lain sebagainya? Maka bisa diandalkan untuk merintis bisnis desain grafis sendiri, sehingga hanya membutuhkan modal perangkat komputer untuk mendesain. Anda bisa menawarkan jasa pembuatan banner, CV, desain undangan, dan sebagainya kepada khalayak.

Merintis bisnis sendiri kini tak lagi dituntut untuk punya modal yang besar, asalkan ada kemauan maka bisa direalisasikan. Anda bisa memilih salah satu dari bisnis bermodal ekonomis di atas, silahkan ditekuni secara profesional agar terus berkembang.