Merasa kesal dengan tagihan listrik yang membengkak dari waktu ke waktu? Mungkin sudah saatnya Anda mulai melek tata cara menghemat penggunaan listrik tersebut. Mengatasi tagihan listrik yang melonjak sebenarnya simpel, yakni dengan menghemat pemakaian listrik itu sendiri.

Cara Simpel Menghemat Pemakaian Listrik

Namun, bagaimana menghemat pemakaian listrik dalam keseharian jika dirasa selama ini sudah dipakai sesuai kebutuhan? Mungkin pemakaian yang dilakukan belum sepenuhnya hemat, dan berikut beberapa cara simpel yang bisa dipraktekan:

1. Menggunakan Listrik Prabayar

Memakai listrik prabayar bisa menjadi solusi untuk menghemat konsumsi listrik secara signifikan. Anda bisa mengisi token dengan nominal sesuai kemampuan dan kebutuhan, sehingga merangsang naluri untuk memakai listrik dengan hemat.

2. Memakai Lampu LED

Menggunakan lampu LED adalah pilihan bijak karena lampu jenis ini lebih hemat energi. Padahal cahaya yang dihasilkan lebih terang dan tidak menghasilkan panas sehingga ruangan tetap teduh dan nyaman. Mengganti lampu biasa dengan lampu ini menjadi solusi agar pemakaian listrik bisa terpangkas.

3. Manfaatkan Ventilasi Udara Alami

Selama ini sering menggunakan AC saat berada di dalam ruangan? Konsumsi listrik perangkat ini cukup tinggi, ditambah kurang baik pula untuk kesehatan. Ada baiknya beralih ke ventilasi udara alami yang lebih aman dan dijamin hemat listrik.

4. Cabut Steker Saat Tidak Dipakai

Kabel steker perangkat elektronik jenis apapun sebaiknya dicabut setiap kali selesai digunakan. Sengaja memasang kabel steker di colokan ternyata berpotensi mengkonsumsi listrik sekalipun elektronik dari kabel tersebut tidak dinyalakan.

5. Matikan Elektronik di Malam Hari

Saat malam hari Anda dan keluarga dijamin menghabiskan lebih banyak waktu untuk istirahat, terutama untuk tidur malam. Jadi pada saat pergi tidur pastikan semua elektronik baik itu lampu, televisi, dan lain sebagainya sudah dimatikan. Sebab menyalakan elektronik sepanjang malam akan membuat tagihan listrik terus meroket.

6. Beralih ke Laptop Bukan PC

Membawa pekerjaan ke rumah mungkin adalah hal lumrah untuk Anda yang super sibuk dan sering dikejar deadline dari kantor. Memakai perangkat PC atau desktop dijamin jamak dilakukan. Namun jika mendapati tagihan listrik meroket, ada baiknya beralih ke laptop yang konsumsi listriknya jauh lebih hemat.

7. Bijak Memakai Mesin Cuci

Masyarakat modern seperti sekarang dijamin sangat mengandalkan peralatan elektronik untuk menunjang aktivitas rumah tangga maupun di tempat kerja. Supaya tagihan listrik di rumah tidak membengkak, pastikan memakai elektronik dengan bijak.

Salah satunya mesin cuci, yang tentu sangat meringankan pekerjaan mencuci baju seluruh keluarga. Supaya konsumsi listriknya lebih terkontrol hindari memakai mode pengering, jika selesai dicuci langsung saja dijemur agar baju kering alami.

Listrik yang digunakan dengan cermat akan membantu mengendalikan jumlah tagihan, tata caranya sudah disebutkan di atas. Silahkan mencoba untuk mempraktekannya supaya tidak lagi dikagetkan dengan nominal tagihan listrik yang tinggi.