Saat merintis bisnis tentu memiliki harapan bisa sukses dengan bisnis tersebut. Hal ini berlaku untuk semua bidang dan jenis bisnis, termasuk juga dengan bisnis listrik prabayar atau token listrik. Sukses dengan bisnis satu ini ternyata sangat mungkin untuk diraih. PR-nya adalah menentukan strategi untuk bisa sampai di titik sukses tersebut.

6 Tips Sukses Penjualan Listrik Prabayar

Tips Sukses Lewat Bisnis Listrik Prabayar

Banyak sumber menyebutkan bahwa bisnis pulsa dan turunannya, maka bisnis listrik prabayar masuk ke dalamnya. Memiliki profit yang sangat minim bahkan cenderung menyedihkan. Namun, meskipun nilai profitnya minim ternyata peluang untuk sukses tetap ada. Salah satunya dengan menjalankan beberapa tips berikut ini:

1. Memberi Harga yang Umum

Bisnis listrik prabayar bisa jadi dihadapkan pada banyak pesaing, hal ini normal karena termasuk bisnis dengan prospek menarik. Oleh sebab itu siapkan mental sejak awal untuk menghadapi persaingan. Kuncinya adalah tidak gegabah dalam mengambil profit, selalu utamakan harga yang umum di pasaran. Tujuannya adalah untuk mencegah pelanggan pindah ke lapak lain dan menarik minat pelanggan baru untuk datang.

2. Menjaga Kualitas Pelayanan

Jika pesaing atau kompetitor di daerah Anda sudah sangat banyak. Maka tidak akan cukup jika hanya menawarkan harga yang umum. Perlu ditopang pula oleh kualitas pelayanan yang baik. Mulai dari menjaga keramahan dan selalu berusaha informatif. Sehingga pelanggan merasa sedang bertransaksi dengan sahabat dan keluarga sendiri.

3. Dikelola Secara Profesional

Ingin sukses dengan bisnis listrik prabayar? Maka perlu dikelola secara profesional. Misalnya dari segi jam operasional dan SOP dalam memberikan pelayanan. Mulailah dengan mengatur jam buka dan tutup yang tetap. Sehingga tidak membingungkan pelanggan untuk datang di jam berapa. Kemudian buatlah SOP dalam melayani pelanggan, sehingga bisa memberi pelayanan yang berkualitas setiap saat.

4. Punya Catatan Keuangan

Bisnis apapun tetap membutuhkan laporan keuangan yang rapi, tidak harus membuat laporan keuangan yang rumit. Namun Anda perlu membuat laporan arus kas, dari pengeluaran harian sampai pendapatan harian. Laporan catatan keuangan ini penting untuk monitoring arus kas dan kondisi bisnis apakah untung atau merugi.

5. Memilih Lokasi yang Menguntungkan

Menjual listrik prabayar memang idealnya dilakukan secara offline, sekalipun bisa juga dilakukan secara online. Namun jika fokus ke lapak offline, maka utamakan lokasi yang menguntungkan. Supaya toko listrik prabayar yang dibangun bisa dilihat oleh banyak orang dan bisa menggaet mereka menjadi pelanggan berikutnya.

6. Rajin Melakukan Promosi

Bisnis listrik prabayar juga memerlukan promosi, minimal promosi door to door maupun dari mulut ke mulut. Tujuannya adalah untuk membuat lebih banyak orang mengetahui bisnis Anda. Sehingga sebagian besar dari mereka akan menjadi pelanggan, termasuk pelanggan setia. Pelanggan setia pun menjadi aset bisnis yang sangat berharga.