Beraktivitas dengan perangkat hp dijamin dilakukan oleh nyaris semua orang di era modern seperti sekarang. Apalagi berbagai fitur dan aplikasi di dalam hp semakin canggih yang menyediakan tak hanya media komunikasi namun juga mencari hiburan dan informasi.

Tak pelak penggunaan hp semakin krusial dan sering, sehingga ada kalanya umur perangkat ini menjadi lebih singkat. Selain itu pengguna hp juga dihadapkan pada resiko perangkat menjadi terlalu panas dan mudah error karenanya.

6 Tips Mudah Agar Hp Tidak Cepat Panas

Tips Agar Hp Tidak Cepat Panas

Jika Anda sering dihadapkan pada kondisi hp yang cepat panas meski hanya digunakan untuk berfoto atau membuka sosial media beberapa menit saja. Mungkin perlu segera mencoba beberapa tips berikut agar suhu perangkat pintar ini tak lekas naik:

1. Hindarkan dari Suhu Tinggi

Tips pertama untuk mencegah suhu hp terlalu panas adalah dengan menjauhkannya dari suhu tinggi. Misalnya saja dari paparan sinar matahari, dekat elektronik seperti di samping televisi, maupun yang lainnya.

2. Matikan Aplikasi yang Tidak Terpakai

Ada kalanya perangkat hp yang dimiliki diisi dengan berbagai aplikasi, padahal belum tentu digunakan. Mencegah suhu hp meningkat ada baiknya mematikan atau bahkan menghapus aplikasi yang dirasa tidak digunakan tersebut.

3. Gunakan Charger Original

Pada saat membeli perangkat hp dijamin akan dibekali charger dan juga kabel data dalam paket pembelian. Beberapa vendor bahkan memberi bonus headset, dan khusus untuk charger pastikan selalu dipakai. Memakai charger non original ternyata bisa menyebabkan suhu hp panas dengan mudah.

4. Berikan Hp Waktu Beristirahat

Penggunaan hp dalam keseharian Anda bisa jadi terbilang berlebihan sehingga suhunya mudah naik. Ada baiknya ketika perangkat ini tidak digunakan Anda mencoba untuk mematikannya. Berikan waktu bagi perangkat ini untuk istirahat agar RAM di dalamnya tidak bekerja berlebihan dan suhunya selalu normal.

5. Membersihkan Hp Secara Rutin

Perangkat hp tak hanya perlu di charge ketika baterainya habis namun juga dibersihkan secara teratur. Terutama untuk bagian body luarnya yang memang mudah berdebu. Gunakan kain lap bersih dan lembut untuk membersihkan kotoran di bagian body. Kotoran ini bisa membuat hp panas karena mengganggu sirkulasi udara.

6. Tidak Digunakan Saat Dicharge

Apakah Anda sering menggunakan hp disaat perangkat ini di charge? Jika memang iya, maka kebiasaan ini sebaiknya segera dihentikan. Sebab bisa membuat suhu perangkat hp naik dan mudah error bahkan mati mendadak. Ada baiknya dimatikan saja saat baterai diisi untuk mencegah keinginan memakainya selama pengisian daya.

Penggunaan hp memang sangat krusial di masa sekarang, sehingga semakin banyak yang memakainya secara berlebihan. Selain kurang bagus untuk kesehatan perangkat ini juga menjadi mudah rusak dan panas. Mencoba menghentikan suhu hp naik dengan cepat, Anda bisa melakukan beberapa tips mudah di atas.