Pernah menggunakan handphone sampai mati sendiri karena kehabisan batre? Ada satu dan lain hal yang membuat beberapa pengguna handphone memilih menunggu sampai hp mati baru dicharge. Kebiasaan ini tentu salah karena perlahan akan merusak batre dan port yang menghubungkan kabel charger ke batre tersebut sehingga mati total dan tidak bisa dicharge.

6 Tips Menghidupkan Batre HP yang Habis Total

Tips Menghidupkan Batre HP yang Habis

Bagaimana solusinya? Satu atau dua kali menunggu handphone mati sendiri mungkin tidak masalah. Namun untuk kesekian kalinya bisa menyebabkan kematian total. Kondisi ini ternyata bisa diatasi, berikut tips menghidupkannya kembali:

1. Dicharge Dulu Sedikit Lebih Lama

Menggunakan handphone sampai batre habis total bisa menyebabkan error yang cukup serius. Salah satunya batre tidak bisa dicharge, sehingga sudah dipasang dengan charger namun persentase batre tidak berjalan. Solusi pertama yang bisa dilakukan adalah ditunggu beberapa saat, minimal 15 menit dan perhatikan kondisi batrenya.

2. Tekan Tombol Volume + Power

Jika di charge selama 15 menit atau sedikit lebih lama tidak ada perubahan, maka bisa mencoba tips kedua. Yakni menekan tombol volume bersamaan dengan tombol power. Pertama, tekan tombol volume bawah dengan tombol power, supaya bisa masuk ke mode recovery. Namun jika belum berhasil bisa mencoba menekan tombol volume atas dengan power.

3. Gunakan Charger dengan Ampere Tinggi

Tips berikutnya jika tips kedua tidak juga menunjukan hasil adalah dengan menggunakan charger beramper lebih besar. Misalnya, selama ini memakai charge 2.0 ampere. Maka gunakan charger di atas itu untuk merangsang batre agar bisa merespon pengisian daya.

4. Dikombinasikan

Jika tips ketiga di atas juga menunjukan tanda nihil maka bisa dicoba dikombinasikan. Yakni di charge dengan charger yang dayanya lebih tinggi sembari menekan tombol volume dengan tombol power. Cara ini akan memberi rangsangan lebih pada batre handphone.

5. Melepas Kartu Memori

Ada kalanya hp tidak bisa dicharge dan mati total pasca kehabisan batre karena kartu memorinya rusak. Maka bisa mencoba melepas kartu memori tersebut untuk menghidupkan hp kembali.

6. Dibawa ke Tempat Service Hp

Jika semua tips yang telah disebutkan ternyata tidak membuahkan hasil. Maka penyelesaian secara mandiri tidak bisa dilakukan. Tips terakhir adalah membawanya ke tempat ahli, yakni ke jasa service hp.

Usahakan memilih tempat service hp terpercaya untuk mendapatkan layanan profesional dan berkualitas. Supaya tidak lagi mengalami pencurian onderdil. Akan lebih aman jika dibawa ke service center, jika masih garansi maka rezeki. Jika tidak, maka setidaknya bisa memperbaikinya di tempat terbaik.

Saat handphone kehabisan batre dan mati total, maka jangan buru-buru dibawa ke tempat service. Coba diatasi dulu dengan tips-tips di atas, jika sudah kepentok baru tips nomor enam dilakukan.