Salah satu aktivitas online yang jamak dilakukan masyarakat Indonesia dan dunia saat ini adalah belanja online. Apalagi ada banyak situs marketplace populer yang seolah-olah menjadi pusat perbelanjaan atau mall online dengan pilihan produk yang lengkap dan harga yang kompetitif.

6 Tips Aman Belanja Online Tanpa Resiko Password Bocor

Tips Aman Belanja Online Bebas Resiko Password Bocor

Tidak peduli belanja online di marketplace, sosial media, atau mungkin website resmi toko online yang dituju. Pastikan dilakukan dengan aman dan bijaksana, supaya password maupun data pribadi tidak bocor. Berikut tips yang bisa diterapkan:

1. Mengganti Password Secara Berkala

Keamanan data pribadi dan password akan lebih terjamin jika rutin mengganti password tersebut. Baik email, akun media sosial, maupun akun di marketplace sebaiknya tidak berdiam hanya dengan satu password. Lakukan update setiap sebulan sekali atau mungkin dua minggu sekali.

2. Lebih Mengutamakan Dompet Digital

Transaksi belanja online akan memerlukan metode pembayaran secara online juga, dan pilihannya beragam. Bisa melakukan pembayaran lewat layanan i-banking maupun m-banking dari jasa perbankan yang digunakan. Bisa pula mengandalkan dompet digital, mana yang lebih aman? Tentunya dengan dompet digital karena saat melakukan pembayaran tidak langsung terhubung ke akun perbankan.

3. Mengaktifkan Verifikasi Dua Langkah

Aktifkan fitur keamanan verifikasi dua langkah, baik untuk email maupun untuk akun digital lain seperti sosial media. Verifikasi ini akan membantu meningkatkan keamanan, supaya setiap kali dibuka di perangkat lain perlu melakukan verifikasi data. Sehingga akun digital lebih terkontrol keamanannya.

4. Tidak Memakai WiFi Publik

Jika memungkinkan hindari dulu penggunaan WiFi publik, melainkan memakai jaringan internet pribadi. Pastikan kuota internet di smartphone tersedia agar tidak perlu terhubung ke jaringan publik. Sebab keamanan data ketika diakses di jaringan publik lebih rentan diretas.

5. Pemilih Toko Online dengan Teliti

Maraknya transaksi belanja online menunjukan minat masyarakat untuk membeli produk apapun melalui internet meningkat. Maka ada banyak pebisnis yang memanfaatkannya dengan membuka toko online. Ada baiknya mengutamakan toko online dengan reputasi yang baik dan dijamin aman alias resmi. Supaya data pribadi apapun yang diinput di dalamnya terjamin aman.

6. Bertransaksi di Platform Terpercaya

Ada baiknya saat ingin belanja online, Anda memilih belanja di platform terpercaya yakni di situs marketplace terkemuka. Sebab website marketplace akan dikelola sedemikian rupa agar data-data akun di dalamnya aman. Bahkan Tokopedia yang sempat diretas, mampu menjamin semua data pribadi akun di dalamnya terlindungi karena ada enkripsi. Jadi, saat ada jaminan keamanan di platform terpercaya sebaiknya tidak ke media belanja online abal-abal dan kredibilitasnya belum terjamin.

Belanja online memang praktis dan menyenangkan, apalagi ada banyak produk yang ditemukan punya harga lebih murah dibanding harga offline. Namun supaya aman, dan password memberi perlindungan optimal lakukan tips di atas.