Bisnis pulsa tentunya membutuhkan dukungan software pulsa yang bagus, sehingga perlu teliti pada saat membelinya. Software pulsa adalah kebutuhan penting untuk bisa melayani pembeli pulsa secara cepat dan profesional. Berhubung saat ini penyedianya sudah banyak, maka perlu lebih kritis dalam menentukan pilihan.

6 Pertimbangan dalam Memilih Software Pulsa

Pertimbangan Memilih Software Pulsa

Supaya puas dengan fitur dan fasilitas dari software pulsa yang dibeli, maka sebelum memboyongnya pulang pertimbangkan dulu beberapa hal penting berikut ini:

1. Penyedia Software

Pertimbangan pertama dalam memilih software pulsa adalah reputasi dari penyedianya. Penting untuk mengecek perusahaan mana yang menjadi penyedia software tersebut dan bagaimana reputasinya selama ini. Perusahaan yang bagus dan kredibel dijamin hanya menyediakan software original dengan kualitas bagus.

2. Kebutuhan

Pemilihan software pulsa juga perlu disesuaikan dengan kebutuhan, sebab akan mempengaruhi harga pembelian. Beberapa software pulsa hanya bisa dipakai untuk jualan pulsa dari beberapa operator. Beberapa lagi yang lainnya sangat mungkin untuk dikembangkan menjadi loket PPOB.

Jadi, jika Anda sejak awal berencana mengembangkan bisnis pulsa menjadi PPOB dan kebetulan modal juga mendukung. Maka bisa mencari software yang mendukung untuk dijadikan PPOB. Namun jika sebaliknya, maka bisa memilih software yang hanya khusus untuk melayani transaksi pulsa saja.

3. Kapasitas Software

Penggunaan software pulsa tidak hanya untuk mengatur stok pulsa yang dijual, melainkan juga menjadi database Oleh sebab itu pertimbangkan masalah kapasitas karena semakin besar otomatis semakin baik. Hanya saja perlu disesuaikan pula dengan kebutuhan, karena semakin besar kapasitasnya maka semakin mahal pula harganya.

4. Kinerja Memuaskan

Pertimbangan berikutnya adalah dari segi kinerja, yakni perlu memastikan bahwa software tersebut bisa bekerja dengan cepat dan tepat. Sehingga bisa melayani pembeli dengan sigap, dimana tidak ada istilah pulsa telat terkirim ke nomor pembeli atau keluhan lainnya.

5. Penggunaannya

Menjalankan bisnis butuh perangkat dan alat bantu model apapun yang mudah untuk digunakan. Maka penting sekali untuk memilih software pulsa yang mudah untuk digunakan alias user friendly. Jadi, cek dulu bagaimana proses penggunaannya dan jika dirasa mudah maka bisa diadopsi untuk mendukung bisnis pulsa yang dijalankan.

6. Proses Maintenance

Pertimbangan terakhir dalam memilih software pulsa adalah mengenai kebutuhan maintenance atau perawatan. Pilih yang perawatannya mudah dan juga murah, sehingga tidak kesulitan untuk memberikan perawatan terbaik.

Akan lebih bagus lagi jika penyedia software tersebut juga menyediakan layanan maintenance. Baik itu sifatnya gratis maupun berbayar, sebab jika dirawat oleh pembuatnya sendiri maka hasilnya akan maksimal.

Bisnis pulsa dengan dukungan software yang bagus akan memberi kemudahan dalam pengelolaannya. Sehingga pertimbangkan beberapa hal penting di atas agar pilihan software pulsa yang diambil memang benar-benar tepat.