LED dan juga LCD merupakan dua jenis layar yang paling banyak digunakan untuk pembuatan berbagai jenis elektronik. Sebut saja seperti layar untuk televisi, smartphone, maupun laptop atau komputer PC. LCD lebih dulu ditemukan dan diperkenalkan kepada masyarakat, baru kemudian disusul oleh LED.

Tidak salah rasanya jika menyebut layar dengan teknologi LED merupakan teknologi yang lebih baik dibanding LCD. Namun, meskipun sudah ada LED yang menyempurnakan LCD ternyata perangkat dengan layar LCD masih jamak dijumpai. Jika disuruh memilih Anda akan memilih jenis layar yang mana?

6 Perbedaan Detail Antara Layar LED dengan LCD

Perbedaan Antara Layar LED dengan LCD

Mempermudah menentukan pilihan ada baiknya mengenal berbagai perbedaan antara layar LED dengan LCD tersebut. Berikut ulasannya:

1. Tingkat Kontras

Perbedaan pertama dari dua jenis layar ini adalah dilihat dari segi tingkat kontras, yang akan mempengaruhi tampilan gambarnya. Secara umum layar LED lebih unggul tingkat kontrasnya dibandingkan dengan LCD, akan tampak mencolok ketika keduanya dinyalakan bersebelahan.

Tingkat kontras ini berbeda karena kedua jenis layar menggunakan cahaya background yang berbeda. Pada LED digunakan teknologi light emitting diode sedangkan LCD memakai teknologi cold cathode fluorescent lamp. Cahaya yang dihasilkan layar LED lebih kaya dan lebih kompleks, sehingga tingkat kontrasnya lebih tinggi.

2. Perbedaan dari Tingkat Ketebalan Layar

Sekilas memang tampilan pada layar antara LCD dan LED sama-sama tipis dan datar. Namun jika diperhatikan lebih seksama akan mendapati fakta jika layar LED lebih tipis dibanding LCD. Jenis material yang digunakan berbeda, sehingga tak hanya membuat tampilan layarnya memiliki ketebalan yang berbeda namun juga dari segi bobot LCD lebih berat.

3. Kebutuhan Daya

Secara umum konsumsi listrik atau kebutuhan daya kedua jenis layar LED dengan LCD sama-sama hemat, jika dibandingkan dengan televisi layar cembung. Hanya saja konsumsi listrik untuk layar LED lebih hemat sekitar 20-30% dibandingkan dengan layar LCD.

4. Harga di Pasaran

Saat memilih jenis layar antara LED dengan LCD dijamin akan mempertimbangkan masalah harga. Dilihat dari segi harga memang untuk layar LED ini lebih mahal namun tidak terpaut terlalu jauh dengan LCD. Perbedaannya hanya sekitar 7% saja, namun akan dipengaruhi pula oleh tempat dimana Anda membelinya.

5. Kandungan Merkuri

Pembuatan layar LCD perlu diakui menggunakan material merkuri untuk membuat tampilan layarnya maksimal. Dilihat dari segi kesehatan LCD jika terpapar langsung dengan tubuh lebih berbahaya karena bisa memicu kanker. Lain halnya dengan LED yang tidak mengandung merkuri sama sekali.

6. Daya Tahan

Sedangkan jika dilihat dari segi daya tahan. layar LED lebih ringkih dan sekalinya rusak akan sulit diperbaiki. Ditambah biaya perbaikannya mahal karena komponen layar LED juga mahal. Berbeda dengan layar LCD yang mudah diperbaiki dan biayanya cenderung lebih murah.

Baik layar LED maupun LCD memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, sebelum memilih kenali betul semua aspeknya.