Sejak pandemi melanda dijamin kebutuhan untuk memiliki penghasilan tambahan meningkat. Sebab ada banyak profesi dan perusahaan yang mengalami imbas dari pandemi tersebut.

Tidak sedikit yang penghasilannya menurun drastis dan malah kehilangan satu-satunya sumber penghasilan. Jadi, untuk keluar dari situasi finansial yang sulit di era pandemi sebaiknya mencoba mencari penghasilan tambahan atau sampingan.

6 Peluang Usaha Rumahan yang Tepat untuk Dicoba

Peluang Usaha Rumahan

Supaya tetap aman sembari menambah penghasilan bulanan, ada baiknya menekuni usaha dari rumah. Peluangnya sendiri ternyata banyak dan prospeknya pun menarik, berikut beberapa rekomendasinya:

1. Membuka Usaha Katering

Khusus untuk Anda yang memang suka kegiatan memasak di dapur, maka bisa membuka usaha katering. Anda bisa memasang poster di depan rumah yang mengumumkan usaha tersebut. Bisa pula diiklankan lewat status WhatsApp, akun sosial media, dan lain sebagainya agar jangkauan lebih luas dan konsumen yang diperoleh lebih banyak.

2. Menekuni Usaha Jahit di Rumah

Punya keahlian mengoperasikan mesin jahit dan kawan-kawannya? Maka bisa menekuni usaha menjahit di rumah dan hasilnya akan sangat lumayan. Anda bisa membuka jasa perbaikan atau permak baju maupun celana jeans. Bisa pula membuka jasa jahit untuk berbagai model baju, dan bisa pula dikombinasikan keduanya.

3. Membuka Jasa Laundry Kiloan

Usaha berikutnya yang ideal dijalankan di rumah adalah usaha laundry kiloan, karena bisa dibuka di rumah sendiri. Modal awal bisa mengandalkan mesin cuci yang tersedia di rumah,. Tawarkan harga kompetitif dan kualitas kerja yang memuaskan, yakni baju ataupun selimut yang di laundry bisa bersih maksimal bukan sekedar wangi.

4. Membuka Les Privat

Supaya bisa berpenghasilan sekalipun berada di dalam rumah, maka selain peluang di atas Anda juga bisa mencoba menjadi guru les privat. Sehingga anak-anak tetangga maupun anak dari teman kerja mengambil les dan privat di tempat Anda. Hasilnya lumayan, hanya saja memang menuntut kesabaran ekstra setiap harinya.

5. Membuka Usaha Cuci Kendaraan

Opsional berikutnya adalah dengan membuka jasa cuci kendaraan, baik untuk sepeda motor maupun kendaraan roda empat alias mobil. Jasa laundry sangat diminati khusus di kota besar, dekat dengan area industri, dan juga dekat dengan kampus.

6. Menekuni Jasa Desain Grafis

Usaha dari rumah berikutnya adalah membuka jasa desain grafis, yang tentu sangat dibutuhkan banyak orang. Anda bisa menawarkan jasa ini secara online maupun offline. Sesuaikan saja dengan kemampuan desain yang dimiliki, mulai dari mendesain kartu nama, MMT, undangan, dan lain sebagainya.

Menekuni usaha dari rumah sendiri adalah pilihan paling aman di era pandemi seperti saat ini. Sehingga bisa meminimalkan kegiatan sosial dengan banyak orang untuk menghindari infeksi Covid-19. Pastikan memilih usaha rumahan dengan benar dan perlu dikelola dengan profesional agar bisa sukses.