Ibadah puasa ternyata tidak hanya memberi sensasi haus dan lapar saja, akan tetapi juga bisa membuat mulut terasa kering dan bahkan terasa pahit. Banyak umat muslim yang mengeluhkan sensasi pahit di mulut sepanjang hari menjalankan puasa. Kira-kira, apa saja yang menyebabkan kondisi ini? Berikut penjelasan lengkapnya.

6 Hal yang Menyebabkan Mulut Terasa Pahit saat Berpuasa

Penyebab Mulut Terasa Pahit saat Berpuasa

Bagi Anda yang selama ini bertanya-tanya, kenapa mulut selalu terasa pahit ketika menjalankan ibadah puasa? Maka berikut adalah daftar beberapa hal yang menjadi penyebabnya:

1. Tubuh Kurang Cairan

Penyebab pertama dari munculnya sensasi pahit di mulut saat berpuasa adalah karena tubuh kekurangan cairan. Sehingga mulut cenderung kering yang membuat pertumbuhan bakteri menjadi lebih cepat. Sensasi pahit pun akan terbentuk, maka penting untuk minum air putih yang cukup. Yakni 2 gelas saat sahur, 4 gelas saat berbuka, dan 2 gelas lagi menjelang tidur malam.

2. Terjadi Kenaikan Asam Lambung

Beberapa orang memiliki kondisi asam lambung yang mudah naik, dan saat berpuasa maka memicu kondisi tersebut. Naiknya asam lambung akan memicu rasa mual dan diawali dengan munculnya sensasi pahit di mulut. Ada baiknya saat sahur minum obat maag agar asam lambung terkontrol selama berpuasa.

3. Efek dari Konsumsi Obat Tertentu

Ada kalanya rasa pahit di mulut saat berpuasa muncul sebagai efek dari obat yang diminum saat sahur. Jadi, ingat-ingat kembali apakah saat sahur mengkonsumsi obat tertentu? Sebab bisa jadi merupakan penyebab rasa pahit tersebut.

4. Jarang atau Malas Gosok Gigi

Meskipun selama puasa Anda akan jarang makan dan minum bukan berarti dibenarkan dengan tidak menggosok gigi. Justru selama puasa kebersihan gigi perlu diperhatikan dengan seksama. Jika jarang gosok gigi maka bisa memunculkan rasa pahit di mulut saat puasa.

5. Merupakan Tanda Awal Kehamilan

Ada kalanya rasa pahit yang muncul selama menjalankan ibadah puasa juga disebabkan oleh tanda awal terjadinya kehamilan. Sebab bagi wanita yang sedang dalam masa kehamilan awal biasanya mengalami ketidakseimbangan hormon estrogen. Selain memicu rasa mual dan muntah juga membuat indra perasa semakin sensitif, sehingga mudah merasakan sensasi pahit di mulut.

6. Memiliki Kebiasaan Merokok

Apabila memiliki kebiasaan merokok maka saat berpuasa akan berkurang dengan sendirinya. Sebab wajib menahan hasrat merokok dari habis sahur sampai tiba waktunya berbuka. Namun kebiasaan merokok akan meninggalkan nikotin dan zat-zat berbahaya lainnya di lidah dan organ vital tubuh lainnya. Saat menempel di lidah biasanya memunculkan sensasi pahit yang merangsang keinginan untuk merokok lagi. Maka wajar jika muncul sensasi pahit ini di tengah ibadah puasa.

Ibadah puasa memang akan memberikan banyak sensasi bagi tubuh, mulai dari terasa lemas sampai mudah diserang haus bahkan muncul rasa pahit di mulut. Rasa pahit ini disebabkan oleh beberapa hal yang disebutkan di atas. Jadi, pastikan memahaminya agar bisa mencari solusi untuk mengatasinya.