Zaman sekarang tragedi terbelit hutang yang mencekik sangat rentan dialami oleh siapa saja, tidak peduli punya penghasilan besar maupun minim.

Penyedia jasa kredit maupun pinjaman memberikan penawaran menarik yang membuat siapa saja tergiur untuk memanfaatkannya. Efeknya, ketika seseorang tidak cermat dalam mengelola hutang dan keuangan maka jeratan hutang tidak dapat dihindari.

6 Cara Ampuh untuk Bisa Keluar dari Jeratan Hutang

Cara Ampuh Keluar dari Jeratan Hutang

Apakah saat ini Anda dalam posisi terjerat oleh hutang dan jumlahnya cukup atau bahkan sangat besar? Hutang bukanlah masalah yang tidak bisa diselesaikan, sekalipun kesulitan untuk membayar semua beban hutang Anda bisa tetap mengusahakannya. Berikut beberapa cara ampuh yang bisa dicoba:

1. Menggunakan Dana Tabungan

Saat kondisi keuangan prima pastikan jumlah cicilan hutang tidak lebih besar dari jumlah dana yang bisa ditabung setiap bulannya. Namun jika Anda melakukan kesalahan yang tentu lumrah dilakukan kebanyakan orang.

Tidak perlu menyesal, relakan tabungan yang dimiliki untuk melunasi hutang tersebut. Setelah lunas, silahkan mulai menabung lagi dan hindari hutang khususnya hutang konsumtif.

2. Berhemat Secermat Mungkin

Siapa saja yang mau berhemat maka akan selamat, prinsip ini adalah hal paten yang membantu Anda keluar dari masalah keuangan termasuk jeratan hutang. Jadi kurangi kebiasaan konsumtif dan foya-foya. Pastikan penghasilan yang dimiliki dialokasikan seluruhnya untuk membayar hutang dan menabung.

3. Mencari Pinjaman Bunga Rendah

Anda tentu tahu langkah gali lubang tutup lubang, yakni membayar hutang dengan hutang lain. Meskipun terkesan seperti mencari penyakit baru namun dalam beberapa kondisi langkah ini terbilang tepat, apalagi jika sudah mendesak. Hanya saja perlu mencari hutang baru dengan bunga lebih rendah.

4. Bekerja Ekstra

Jika penghasilan yang sekarang dimiliki masih terasa kurang untuk mencukupi kebutuhan apalagi membayar hutang. Tidak ada salahnya bekerja lebih keras, dari yang tadinya mengandalkan gaji dari kantor bisa mencari kerja sambilan.

5. Melakukan Negosiasi

Jika terancam diburu oleh debt collector maka bisa mencoba melakukan negosiasi dengan kreditur. Mintalah keringanan seperti menunggu selama sebulan atau lebih sesuai kondisi. Manfaatkan keringanan yang diberikan kreditur untuk bekerja lebih keras supaya hutang segera lunas.

6. Segera Membayar Hutang

Apabila jeratan hutang yang dimiliki berasal dari penggunaan kartu kredit, maka pastikan membayar tagihan tepat waktu. Lebih aman jika dibayarkan setelah menerima gaji, sehingga terbayarkan sebelum jatuh tempo. Lunasi pula tagihan dalam sekali bayar supaya terhindar dari beban bunga.

Jeratan hutang memang memberikan kondisi mengerikan apalagi jika sudah dikejar-kejar oleh debt collector. Maka sebelum resiko tersebut terjadi sebaiknya hutang segera dilunasi, dan Anda bisa mencoba beberapa cara ampuh di atas. Fokus pada penyelesaian hutang dan berhemat secara maksimal menjadi kunci utama yang perlu dilakukan.