Kuliner merupakan salah satu jenis bisnis yang diprediksi akan terus berkembang. Ini karena kuliner adalah kebutuhan pokok dimana setiap orang sampai kapan pun akan terus membutuhkan makanan dan minuman.

Kini banyak usaha makanan yang dipasarkan melalui saluran online tanpa harus repot membangun warung atau restoran. Lalu bagaimana cara yang tepat untuk memasarkan bisnis kuliner ini secara online?

5 Tips Memasarkan Bisnis Kuliner Online

5 Tips Untuk Memasarkan Bisnis Kuliner Secara Online

Anda sebagai pemilik bisnis kuliner dituntut lebih kreatif dan inovatif khususnya untuk pemasaran bisnis kuliner Anda. Agar dapat bertahan di pasar kuliner saat ini Anda memerlukan strategi pemasaran bisnis kuliner yang komprehensif sehingga memberikan dampak yang signifikan.

Berikut ini adalah tips yang bisa anda gunakan untuk memasarkan bisnis kuliner anda secara online, yuk simak ulasannya sebagai berikut.

1. Menggunakan media sosial

Media sosial selalu menjadi tempat yang tepat untuk melakukan promosi dan pemasaran produk apapun termasuk kuliner. Selain karena penggunaannya yang cuma-cuma, media sosial juga menjadi tempat interaksi masyarakat saat ini.

Manfaatkan seluruh media sosial yang ada seperti Instagram, Facebook,Twitter, Whatsapp, Line, Youtube dan lain sebagainya. Perbanyak promosi di media sosial yang paling sering digunakan oleh konsumen Anda.

Di media sosial Anda bisa menunjukkan daftar pilihan menu, wujud hidangan informasi terbaru terkait bisnis kuliner Anda, event serta penawaran menarik.

2. Kerja sama dengan layanan pesan antar

Selain aplikasi layanan pencarian restoran, kini aplikasi layanan antar juga menjadi pilihan tepat untuk mempromosikan dan memasarkan usaha kuliner Anda.

Terdapat dua aplikasi paling terkenal di Indonesia yakni Gofood dan Grabfood yang bisa Anda manfaatkan. Jutaan pengguna kedua aplikasi ini akan dapat melihat bisnis kuliner Anda yang tentu saja akan sangat mempengaruhi penjualan produk kuliner Anda.

3. Menggaet food influencer

Food influencer yang mempunyai jumlah followers yang banyak bisa jadi cara efektif untuk mengajak orang-orang membeli produk Anda. ditambah lagi dengan kemampuan mereka menampilkan makanan agar terlihat lebih menarik dan menggugah selera.

Anda bisa mengirimi makanan gratis kepada influencer yang sesuai dengan target pasar Anda dan minta mereka mangulasnya di media sosial mereka.

4. Memberikan promo dan diskon

Cara ini dipastikan selalu efektif menarik konsumen karena tidak ada yang tidak menyukai promo dan diskon. Ada banyak variasi promo dan diskon yang bisa diaplikasikan di bisnis kuliner Anda.

Bisa dengan memberikan gratis produk setelah pembelian jumlah tertentu, pemotongan harga, gratis ongkos kirim, dan lain sebagainya. Perhitungkan pula pemberian diskon ini secara matang agar tidak menimbulkan kerugian.

5. Rasa haruslah menjadi ciri khas

Sebagus apapun promosi dan tampilan yang diberikan, jika rasa makanan tidak memuaskan, konsumen tidak akan kembali lagi untuk membeli produk Anda.

Maka dari itu rasa adalah salah satu fokus utama Anda agar bisnis kuliner Anda tetap berkembang. Pakai bahan-bahan terbaik, uji coba rasa, dan lakukan inovasi untuk memberikan kejutan rasa kepada konsumen.