Selama bulan Ramadhan ada banyak aplikasi tuntunan ibadah di bulan suci bertebaran di PlayStore maupun AppStore. Sayangnya tidak banyak pengembang aplikasi smartphone yang menyediakan aplikasi khusus untuk membantu orangtua mengajarkan anak-anaknya belajar puasa. Jika menghadapi masalah serupa, mungkin beberapa aplikasi berikut bisa membantu.

5 Rekomendasi Aplikasi Anak untuk Belajar Puasa

Rekomendasi Aplikasi untuk Mengajarkan Anak Puasa

Mengajarkan anak menjalankan ibadah puasa wajib di bulan Ramadhan adalah PR besar, supaya orangtua sukses mengerjakan PR ini. Maka bisa mencoba menggunakan beberapa aplikasi berikut:

1. Marbel Panduan Puasa

Aplikasi pertama yang sangat populer untuk membantu mengajarkan anak-anak belajar puasa adalah Marbel Panduan Puasa. Aplikasi ini buatan dalam negeri dan disajikan dengan ilustrasi gambar menarik serta bahasa yang sederhana. Sehingga anak-anak bisa dengan mudah belajar mengenai apa itu puasa, keutamaan, rukun puasa, dan lain sebagainya.

2. Marbel Spesial Ramadhan

Educa Studio yang mengembangkan aplikasi Marbel Panduan Puasa ternyata menghadirkan dua versi. Versi lain yang lebih premium adalah Marbel Spesial Ramadhan. Tidak hanya berisi tuntunan ibadah puasa namun juga berisi permainan-permainan seru bagi anak agar lebih mudah belajar mengenai ibadah puasa.

3. Learn Puasa

Aplikasi berikutnya adalah Learn Puasa yang dirilis oleh Mizan Application, dan termasuk pula aplikasi tuntunan belajar puasa khusus anak yang populer. Aplikasi ini disajikan dengan tampilan menarik sekaligus atraktif. Bahkan tersedia narasi yang membuat materi mengenai niat puasa, keutamaan, dan lain sebagainya menjadi lebih seru dan lebih menarik bagi anak-anak karena tidak perlu membaca melainkan mendengarkan.

4. Bimbel Puasa Ramadhan

Tahun 2016 lalu Sentra Edukasi merilis aplikasi untuk membantu anak-anak belajar tentang puasa melalui gadget. Aplikasi ini masih bisa ditemukan dan di instal sampai sekarang. Isi aplikasi ini berupa permainan-permainan yang menyampaikan berbagai kegiatan seru dan berpahala selama bulan Ramadhan.

5. Adam & Aimi Ramadhan Edition

Adam & Aimi Ramadhan Edition juga bisa dipertimbangkan, aplikasi ini dirilis oleh Media Hikmah dan berasal dari Brunei Darussalam. Aplikasi ini disajikan dalam berbagai bahasa, salah satunya bahasa Inggris dan Melayu. Sehingga memakai aplikasi ini tidak hanya membantu mengajarkan anak mengenai niat puasa, rukun puasa, dan sebagainya saja.

Akan tetapi bisa sekaligus mengajarkan anak belajar materi penting dan menarik memakai bahasa Inggris. Bagi orangtua yang memasukan anaknya di lingkungan sekolah yang sering memakai bahasa asing dalam keseharian, tentu bisa mempertimbangkan aplikasi ini. Apalagi ditunjang pula dengan tampilan yang menarik.

Memakai aplikasi online untuk mengajarkan anak ibadah puasa wajib di bulan Ramadhan adalah langkah tepat. Sebab selain lebih mudah, umumnya anak-anak zaman sekarang juga lebih tertarik belajar dan bermain lewat smartphone. Maka instal salah satu aplikasi di atas untuk membantu anak belajar ibadah puasa dengan baik dan benar.