Wabah penyakit yang ditimbulkan oleh infeksi virus corona memang patut diwaspadai oleh siapa saja. Apalagi saat ini virus asal Wuhan di China ini sudah masuk ke Indonesia sesuai dengan pengumuman yang disampaikan oleh Presiden RI Joko Widodo. Virus yang bisa memicu kematian ini tak pelak menebar teror bagi masyarakat di dunia.

5 Gejala Umum dari Infeksi Virus Corona

Gejala Saat Tubuh Terinfeksi Virus Corona

Namun, jika ingin tetap bertahan maka penting sekali untuk melawan rasa takut tersebut. Caranya adalah dengan mengetahui bagaimana mencegah infeksi, penanganan, dan perawatan apabila positif terjangkit corona. Berikut merupakan beberapa gejala yang umum dialami jika terinfeksi virus corona:

1. Hidung Beringus

Secara umum gejala dari infeksi virus corona ini nyaris sama dengan flu biasa, sehingga perlu waspada. Salah satu gejalanya adalah hidung meler atau beringus seperti orang yang sedang pilek. Sehingga penderitanya juga akan mengalami hidung tersumbat.

2. Mengalami Batuk

Virus corona diketahui merupakan sekumpulan virus yang menyerang saluran pernafasan. Selain memicu hidung meler, virus ini juga bisa menyebabkan masalah batuk. Beberapa mengalami hidung meler saja dan beberapa mengalami keduanya, yakni batuk dan hidung meler.

3. Mengalami Sakit Kepala

Infeksi virus corona juga diketahui bisa menyebabkan penderitanya sakit kepala. Biasanya juga dialami saat terserang flu ataupun pilek, karena hidung tersumbat juga memicu kepala pusing maupun sakit.

4. Terserang Sakit Tenggorokan

Virus corona juga bisa menyebabkan gejala berupa sakit tenggorokan, sehingga perlu diwaspadai. Apalagi jika dibarengi dengan gejala hidung meler dan batuk maupun sakit kepala. Memeriksakan diri penting sebagai antisipasi, sebab semakin dini diketahui maka semakin mudah untuk disembuhkan.

5. Mengalami Demam

Demam juga menjadi gejala umum yang dialami penderita penyakit dari serangan virus corona. Demam yang dirasakan biasanya naik turun, sehingga dianjurkan untuk mengecek suhu tubuh secara berkala.

Gejala di atas merupakan gejala umum dengan sifat ringan, sehingga memberi gejala nyaris mirip dengan sakit flu atau pilek. Hanya saja dalam beberapa kasus infeksi virus ini dapat memicu gejala lebih serius yang mirip pneumonia dan juga bronkitis. Berikut adalah gejala serius tersebut:

  • Pasien mengalami demam yang mencapai suhu sangat tinggi untuk pasien dengan gejala mirip pneumonia.
  • Gejala batuk yang dialami pasien akan disertai lendir, sehingga kondisinya lebih parah dibanding gejala yang dijelaskan sebelumnya.
  • Mengalami sesak nafas, sehingga dalam beberapa kondisi memerlukan alat bantu pernafasan.
  • Merasakan nyeri di dada terutama saat batuk, sehingga memberikan sensasi tidak nyaman sekaligus menyakitkan.

Mengenal gejala dari infeksi virus corona sangat penting, karena bisa menjadi media untuk mengambil tindakan yang tepat. Apabila salah satu atau beberapa gejala di atas dialami maka bisa langsung memeriksakan diri. Sehingga bisa mendapatkan penanganan medis lebih dini untuk memperbesar peluang sembuh.