PSBB memang membuat aktivitas harian masyarakat di daerah yang menerapkannya terbatas di lingkungan rumah sendiri. Sehingga lebih banyak berdiam di rumah dan diisi dengan berbagai kegiatan agar tetap produktif dan bebas kejenuhan. Kini setelah new normal diterapkan maka aktivitas kembali normal, pastikan sudah memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh Anda untuk menyambutnya.

5 Cara Memenuhi Kebutuhan Gizi Tubuh di Berbagai Aktivitas

Cara Memenuhi Kebutuhan Gizi

Tidak peduli aktivitas apa saja yang dilakukan setiap harinya, tubuh akan memerlukan asupan nutrisi sehat dan seimbang. Terdapat sejumlah cara yang bisa dicoba untuk memenuhi kebutuhan gizi tersebut. Yaitu:

1. Makan 4 Sehat 5 Sempurna

Sejak kecil dijamin sering mendengar istilah 4 sehat 5 sempurna yang menjadi dasar pola makan sehat di Indonesia sejak tahun 1955. Hanya saja seiring berjalannya waktu pola makan ini tidak diterapkan, alasan umumnya adalah karena kesibukan. Padahal untuk mampu memenuhi kebutuhan gizi di segala aktivitas, pola 4 sehat 5 sempurna sangat tepat untuk diterapkan.

2. Memperbanyak Makan Sayur

Asupan serat yang cukup akan membantu tubuh lebih mudah mengolah makanan kaya gizi yang dikonsumsi. Oleh sebab itu di setiap jam makan pastikan selalu menyantap sayuran. Baik sayuran mentah untuk lalapan maupun yang diolah baik disayur bening, ditumis, maupun dikukus.

3. Memperbanyak Asupan Buah

Serat tidak hanya bisa dipenuhi dengan mengkonsumsi sayuran saja namun juga mengkonsumsi buah. Sama seperti sayuran, buah juga kaya akan serat sekaligus mengandung vitamin dan mineral. Oleh sebab itu pastikan setiap hari makan buah, dan dilakukan sekitar 1 jam setelah maupun sebelum makan besar.

4. Memilih Makanan yang Segar dan Bervariasi

Memenuhi kebutuhan gizi tubuh yang sangat kompleks juga bisa dilakukan dengan mengkonsumsi makanan segar dan bervariasi. Makanan segar memiliki kandungan nutrisi yang masih utuh, sehingga semuanya bisa diserap tubuh. Hanya saja jangan mengkonsumsi menu makanan yang sama setiap harinya, usahakan dibuat bervariasi supaya tubuh memperoleh asupan gizi yang beragam.

5. Memilih Asupan Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat diketahui sebagai sumber energi utama selain protein dan juga gula dari makanan yang dikonsumsi. Supaya tetap sehat dan tubuh mendapatkan gizi yang lebih beragam, maka prioritaskan karbohidrat kompleks. Misalnya saja pada oatmeal, singkong, ubi manis, beras merah, dan lain sebagainya.

Karbohidrat kompleks akan memberi rasa kenyang lebih lama, sebab mengandung serat. Sehingga sumber karbohidrat satu ini bisa memenuhi beberapa jenis kebutuhan gizi tubuh. Berhubung karbohidrat kompleks ini minim gula maka makanan dari bahan-bahan semacam ini punya rasa sedikit hambar kecuali pada ubi.

Selama kebutuhan gizi tubuh terpenuhi dengan baik maka dijamin bisa menikmati berbagai aktivitas. Jadi, pastikan menerapkan pola makan yang disampaikan di atas agar tubuh bugar dan aktivitas pun menjadi lancar.