Teknologi yang berkembang dengan pesat saat ini memang sedikit banyaknya mempengaruhi berbagai sektor termasuk sektor finansial. Kemajuan teknologi turut berimbas pada kegiatan investasi sehingga kegiatan ini kini banyak dicari oleh orang-orang terutama yang ingin mendapatkan tambahan penghasilan dengan cara mudah.

Hadirnya berbagai tempat investasi dengan syarat dan ketentuan yang mudah jadi sesuatu yang banyak dicari oleh masyarakat terutama yang saat ini tergiur dengan kegiatan investasi.

Namun, sebagai masyarakat yang cerdas, kegiatan investasi harus dilakukan di tempat yang benar. Jangan hanya terfokus pada keuntungan yang didapatkan karena investasi sendiri sangat memungkinkan dapat menimbulkan potensi kerugian yang besar.

5 Cara Jitu Agar Terhindar dari Jeratan Investasi Bodong

Cara Agar Terhindar dari Investasi Bodong

Dengan banyaknya korban akibat kasus investasi bodong, tentunya Anda harus lebih berhati-hati saat ini. Sebelum berinvestasi, ada baiknya Anda harus teliti supaya investasi bodong bisa dihindari. Berikut ini rangkuman beberapa cara agar Anda terhindar dari investasi bodong!

1. Memeriksa Surat-Surat Perizinan Perusahaan Investasi

Setiap instansi atau perusahaan investasi pastinya telah mendapatkan izin resmi dari sebuah lembaga terkait. Jadi, sebelum Anda mulai melakukan investasi, ada baiknya Anda cari tau terlebih dahulu apakah perusahaan tersebut punya izin resmi atau tidak.

2. Harus Selalu Curiga dengan Perusahaan Investasi Tanpa Resiko

Ada banyak perusahaan investasi yang mengiming-imingi calon investor untuk menanamkan saham ke dalam perusahaannya. Mereka bahkan tidak segan untuk mengatakan bahwa perusahaan investasi mereka adalah perusahaan tanpa resiko. Tawaran seperti ini harus disikapi dengan bijak. Sebaiknya Anda perlu curiga dengan perusahaan investasi seperti ini supaya nanti Anda tidak terjebak ke dalam investasi abal-abal.

3. Memeriksa Portal Pemerintah

Tidak ada salahnya juga untuk memeriksa portal pemerintah terkait dengan perusahaan investasi apa saja yang sudah memiliki izin beroperasi di Indonesia. Di portal tersebut akan Anda dapatkan segala hal terkait dengan daftar perusahaan yang memiliki izin dan tidak memiliki izin resmi dari pemerintah.

4. Waspada dengan Rayuan Memaksa

Terkadang, investasi bodong juga sifatnya memaksa pada saat mengajak calon investornya untuk mau menanamkan sejumlah saham di perusahaan tersebut. Disini Anda harus teliti jika bertemu dengan perusahaan yang memaksa seperti itu.

5. Waspada dengan Tawaran Yang Tidak Wajar

Jika Ada perusahaan investasi menawarkan imbal hasil dengan keuntungan tidak wajar, disini Anda juga perlu memiliki sikap curiga. Hampir di berbagai investasi bodong memberikan penawaran imbal hasil yang nominalnya sangat besar dan bahkan bisa dibilang tidak masuk akal. Hal ini tentunya untuk menarik dan menggoda calon investor agar tergerak hatinya untuk menginvestasikan dana yang dimiliki kedalam perusahaan.

Jadi itulah tadi beberapa cara agar terhindar dari investasi bodong yang bisa Anda lakukan nanti jika bertemu dengan investasi yang masuk kedalam ciri-ciri investasi bodong. Selalu bersikap bijak dan teliti karena investasi tujuannya adalah memberikan keuntungan bukan sebaliknya.